Genjot Peningkatan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Gorontalo Gelar Diskusi

oleh
Photo : Pemkab Gorontalo Menggelar Diskusi Peningkatan Ekononi Kreatif

Gorontalo, Suaralidik.Com –  Pemerintah kabupaten gorontalo dalam hal meningkatan pelaku ekonomi kreatif merupakan prioritas yang utama, dan ini ditunjukan dengan program cukup besar yang direncanakan maupun telah terlaksana.

Hal tersebut disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah kabupateb gorontalo Hen Restu saat Menghadiri acara diskusi fokus tentang pengembangan usaha ekonomi kreatif dikabupaten gorontalo antara tim badan ekonomi kreatif RI, Pemkab gorontalo dan perwakilan pelaku usaha ekonomi kreatif yang ada dikabuten gorontalo diresto pentadio resort. Minggu 26/08.

Ikut dalam diskusi asisten lll salmin popeo, OPD, perwakilan dinas pariwisata provinsi gorontalo, camat telaga biru, akademisi, para pengusaha ekonomi kreatif sekabupaten gorontalo

Dalam sambutannya asisten lll Hen Restu menyampaikan pemerintah daerah sangat serius dalam meningkatkan usaha ekonomi kreatif.

“Kepada para pelaku ekonomi kreatif agar bisa memanfaatkan momen ini dengan baik, sebab program untuk peningkatan ekonomi kreatif dikabupaten gorontalo cukub besar, dan ini juga termasuk nawacita pemerintah pusat.”ujar asisten lll

Ia juga berharap dengan hadirnya perwakilan pemerintah provinsi dapat memberikan dukungan yang evektif kepada para pelaku ekonomi kreatif.

“Terimah kasih atas apresiasi pemerintah provinsi dengan kegiatan ini, semoga dengan kerja sama yang baik antara pemda dan pemrov gorontalo dapat menghasilkan para pelaku ekonomi kreatif yang unggul dan mampu bersaing, sebab kita memmiliki banyak potensi alam.”ungkapnya Hen Restu.

Slamet Aji Pamungkas kasubdis pengembangan kota kreatif badan ekonomi kreatif RI mengatakan bahwa meski tampa bekraf datang pasti sudah ada kegiatan ekonomi kreatif namun mungkin belum terindentivikasi secara sestematif.

“Langkah awal kami minta pemerintah kabupaten gorontalo secara mandiri menidentifikasi potensi yang ada, sebab bekrap tidak bisa menidentifikasi 514 kabupaten kota, sehingganya kami meminta daerah untuk melakukan identifikasi terlebih dahulu untuk diperifikasi.”paparnya

Bekrap juga akan melakukan seleksi ahli ahli ekonomi kreatif yang ada dikabupaten gorontalo untuk melakukan asetsmen bersama.

“Kami meminta pemda gorontalo untuk menyampaikan 3 unggulan sub sektor, atara lain kuliner, fashion, aplikasi dan game dengan harapan bisa menarik 13 sub sektor lainnya.bekraf tidak bisa membiayai namun mampu memberikan jaminan kepada bank agar meraka mau mensponsori para pelaku ekonomi kreatif dikabgor. “tutur slamet

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Haris Suprapto Tome kepada awak media mengatakan kedatangan bekraf dinilai perlu untuk mengembengkan para pelaku ekonomi kratif dikabupaten gorontalo.

“Ekonomi kreatif hingga saat ini tetap eksis, karena dia berbasis kreativitas dan inofasi sehingga kita perlu dorong mereka dari segi permodalan,”ungkap kadis

Ia juga menambahkan tim berkaf secepatnya akan berkunjung ke masing masing pelaku usaha untuk melakukan perifikasi.

“Ini adalah tahapan identifikasi terhadap pelaku usaha ekonomi kreatif, nanti setelah ada komitmen yang ditandatangi oleh bupati, deputi infrasruktur, akademisi, dan pelaku ekonomi kreatif, dan diakhir tahun kami akan mengsulkan proposal dari komitas komitas yang ada dikabupaten gorontalo untuk mendapatkan bantuan.”tegas Haris Suprapto tome.(***DRWS)