Gugah Nurani Indonesia: Hadir Menciptakan Dunia Aman Tanpa Kemiskinan Dan Kelaparan

oleh

suaralidik.com, Jeneponto–Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) merupakan organisasi yang bergerak di sektor kemanusiaan. Prinsip dasar gerakan ini yaitu hadir untuk menciptakan dunia yang aman tanpa kemiskinan dan kelaparan, di mana orang tinggal bersama dalam harmoni.

GNI sudah ada di Kabupaten Jeneponto sejak tahun 2015. Berbagai macam program telah dilaksanakan dengan kerjasama multi pihak. Program utama mereka terfokus pada pendidikan, kesehatan, ekonomi.

Salah satu pegiat yayasan GNI, Ramli Kahar, staf Community Development Fasilitator (CDF) mengatakan, pada tahun 2017 saja tercatat kegiatan yang dilaksanakan cukup banyak. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mampu berkontribusi terhadap pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Jeneponto, khususnya di Kecamatan Bangkala.

“Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya medical check up (pemeriksaan kesehatan gratis). Kegiatan ini dilaksanakan di sebelas sekolah di tiga Desa/Kelurahan, diantaranya Desa Mallasoro, Desa Punagaya, dan Kelurahan Pantai Bahari” jelas Ramli Kahar saat ditemui pada selasa (23/01) ini.

Pemeriksaan tersebut bekerjasama dengan pihak Puskesmas Bangkala. Mereka melibatkan sebelas orang tenaga medis dan sembilanbelas volunteer lokal. Mereka berharap kegiatan ini dapat memberikan bantuan pengobatan kepada anak-anak, agar mendapat kualitas kesehatan dan hidup, terutama bagi anak-anak yang terdaftar sebagai sponsor anggota GNI dari Korea.

Total jumlah anak GNI di Kabupaten Jeneponto saat ini sebanyak 1150 orang. Selain itu, program ini juga bekerja sama dengan Universitas di Makasar. Tak hanya medichal check up, ada juga program pelatihan guru-guru SD, tutorial mengajar anak dan orang tua di CRC, serta pemberian makanan tambahan bagi anak-anak.(Iswahyudin)