Hadiri Bimtek Keselamatan Pelayaran, Bupati Gorut Serahkan SIM Kepada 600 Nelayan

oleh -
Bupati Gorut
Foto : Bupati Gorut Dr. H. Indra Yasin S.H.,M.H menyerahkan SIM secara simbolis kepada para nelayan Gorut.(foto dok. Humas).

GORUT, Suaralidik.com – Bupati Gorontalo Utara, DR. H. Indra Yasin S.H.,M.H. menyerahkan Surat Ijin Melaut (SIM) gratis kepada 600 nelayan Gorut saat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Keselamatan Pelayaran, di Grand Q Hotel Gorontalo, Rabu 04/09/2019.

Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Direktorat Perhubungan Laut, Kementrian Kelautan Republik Indonesia, Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, Idris Rahim.

Bupati Gorut mengucapan terima kasih kepada Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI yang telah memprioritaskan nelayan Gorut untuk mendapatkan program SIM gratis.

“Yang ikut pelatihan hari ini paling banyak nelayan dari Gorut. Sehingga SIM yang saya serahkan semuanya untuk nelayan Gorut,”kata Bupati.

Indra Yasin menjelaskan, meski telah mendapatkan 600 SIM gratis atas perjuangkan PEMDA Gorut, pihaknya kembali medaptkan penawaran untuk mendapatakan ketambahan pembuatan SIM.

“Kesempatan itu saya tangkap lagi. Insyaallah kita bisa mendapatkan tambahan, karena saat ini saya ditawarkan sebanyak-banyaknyaknya,” ucap Indra Yasin.

Indra mengingatkan bahwa keselamatan melaut sangat penting, dan SIM sebagai pegangan ketika mengalami masalah atau musibah saat melaut. Sehingga dirinya meminta agar Kepala Desa yang berada di pinggir pantai untuk memerintahkan warganya mengurus SIM.

“Saya anjurkan bagi para nelayan dan kepala desa yang berada di pinggir pantai agar menganjurkan warga nelayan untuk segera mengajukan permohonan SIM ke Kementrian Perhubungan,”tutur Indra.

“Kita juga telah mengusulkan Kapal antar pulau ke Kementrian untuk memudahkan masyarakat maupun wisatawan yang pingin berkunjung ke pulau Saronde dan sekitarnya,”lanjut Bupati dua periode.(TR/03).