Hadiri Penyerahan Alokasi Dana Transfer ke Daerah, Wabup Pohuwato Terima DIPA 2020

oleh -
Wabup Pohuwato bersama Wagub Gorontalo
Foto : Wabup Pohuwato Amin Haras saat menerima dokumen DIPA tahun 2020 dari Wagub Gorontalo Idris Rahim, Rabu (20/11),(foto Iwan/Humas).

POHUWATO, Suaralidik.com – Rabu 20/11/2019, bertempat di Ballroom Hotel Horison kota Gorontalo, Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras, menghadiri penyerahan alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun 2020 dan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) petikan tahun 2020 yang diserahkan Wakil Gubernur Idris Rahim.

Ditemui usai kegiatan, Wabup Amin Haras mengucapkan syukur alhamdulillah bahwa DIPA pohuwato sudah diterima.

“DIPA itu sebagai landasan hukum untuk pelaksanaan anggaran tahun 2020, oleh karena itu dengan diterimanya DIPA tentu sebagaimana amanat pak Wagub untuk kita segera mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan pengelolaan anggaran di 2020, terutama yang terkait dengan administrasi yang sifatnya administratif yang diharapkan semuanya sudah dipersiapkan pada Desember ini”jelas Wabup.

Lanjut Wabup Amin Haras, saat ini Pemda Pohuwato sementara melakukan pembahasan APBD dengan DPRD. Olehnya setelah pembahasan dengan DPRD maka pada Desember itu dimanfaatkan sebagai waktu untuk mempersiapkan pelaksanaan APBD di 2020, antara lain berupa penyiapan dokumen-dokumen administrasinya.

Kemudian arahan presiden pula dimana diharapkan pada awal tahun semua kegiatan sudah harus dimulai. “Antara lain dari arahan presiden adalah pemerintah diharapkan memulai seluruh kegiatan itu pada awal Januari, instruksinya pada Januari 2020 harus sudah dimulai kegiatan-kegiatan terutama terkait dengan belanja modal”,terang Wabup Amin.

Instruksi presiden ini akan ditindaklanjuti, karena salah satu tujuannya jelas wabup, dimaksudkan bagaimana perputaran ekonomi daerah itu, apalagi perputaran ekonomi yang sangat ditentukan oleh APBD, sehingga itu pada 2020 awal bulan seluruh kegiatan sudah harus dilaksanakan.

Untuk melaksanakannya tentu harus segera dipersiapkan semua administrasi maupun kebutuhan sebelum Desember ini, sehingga kegiatan yang sifatnya program-program ke masyarakat, kegiatan-kegiatan belanja modal dan lain sebagainya supaya segera dilaksanakan pada awal tahun 2020.

Kemudian arahan lainnya dari presiden diingatkan dimana anggaran ini adalah anggaran yang berasal dari rakyat, oleh karena itu harus betul-betul dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, digunakan sebaik-sebaiknya terutama pada program dan kegiatan yang betul-betul bermanfaat dan berdampak terhadap peningkatan ekonokmi dan kesejahteraan masyarakat dan juga dikelola secara efisien, efektif dan akuntabel.

“Besaran DIPA Pohuwato sebesar Rp. 949.237.479  yang terdiri dari Dana Bagi Hasil, DAU, DAK Fisik, DAK Nonfisik, dan Dana Desa, sehingga ketika ditambah dengan sumber dari penermaan PAD maka total APBD pohuwato 2020 sudah Rp. 1 Triliun lebih”,pungkas Wabup Amin Haras.(Hitler).

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60