Hadiri Sosialisasi LHKPN, Bupati Gorut : Ini Tes Kejujuran Bagi Pimpinan OPD

oleh -8 views
Foto : Bupati Gorut Dr Indra Yasin SH MH saat memberikan tanggapannya pada kegiatan sosialisasi LHKPN,(foto dok. humas).

GORUT, Suaralidik.com – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Dr Indra Yasin menghadiri Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) Tahun 2019, hotel damhil kota Gorontalo, Rabu 20/03/2019.

Kegiatan yang diikuti seluruh Pimpinan OPD, Operator dan Anggota DPRD Gorut ini menghadirkan narasumber dari pihak KPK RI.

Bupati Gorut dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaporan LHKPN ini merupakan salah satu cara mengontrol harta kekayaan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Agenda laporan pengisian harta kekayaan ini sangat penting bagi penyelenggara negara, apakah itu di eksekutif maupun legislatif.”kata Bupati.

Indra Yasin menerangkan, tujuan laporan harta kekayaan ini untuk menghindari praktek korupsi ditubuh penyelenggara negara.

Leain itu, pemerintah wajib memberikan teladan terhadap pelaporan secara transparan kepada negara, khususnya pada masyarakat.

“Kita tidak bisa mengatakan kepada masyarakat, akan tetapi kita harus lebih awal dari penyelenggaraan negara untuk memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat dengan pelaporan ini secara transparan.”tegas Indra.

“Dengan demikian Masyarakat juga bisa tahu dan mereka juga lebih percaya kepada penyelenggara negara, dan salah satunya melalui tata cara pelaporannya sesuai arahan KPK RI,”sambung Bupati dua periode ini.

Indra Yasin berharap, laporan hasil kekayaan di lingkungan Pemerintah Daerah Gorut dapat dilaksanakan dalam waktu yang tepat.

“Karena sesuai UUD batas waktunya sampai 31 Maret. Dan itu bukan waktu yang lama, karena harta yang kita miliki hanya kita yang tahu baik yang tercatat maupun tidak tercatat. Saya minta juga dalam mengisi laporan itu, harus jujur.”terang Indra.

“Karena disini kita diuji, dan inilah kesempatan kita untuk memperlihatkan bakat pemerintah daerah, bahwa sebagai penyelenggara negara patut memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara,” tandas Indra Yasin.(***Thoger).