Hadiri Undangan Konstituen, HD-MURI Disambut Suku Sangihe Rayakan Tulude

oleh

Bolmong Utara, SUARALIDIK.COM – Usai menghadiri undangan upacara adat Tulude di Kecamatan Pinogaluman tepatnya di Desa Tanjung Sudupa beberapa waktu lalu, kembali pasangan kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur perseorangan atau Incumbent, Hamdan Datunsolang-Murianto Babay (HD-MURI) Rabu (31/1/2018) malam tadi, dalam perayaan yang sama bersuka cita atas berkat Tuhan selama 2017 lalu bersama warga Desa Sokoputa Kecamatan Kaidipang.

Foto : Suasana foto bersama, sumber Sube *)

Ungkapan syukur ini mereka tuangkan dalam upacara adat Tulude yang telah menjadi agenda tahunan oleh bupati Hamdan Datunsolang sejak 2009 kala itu.

HD-Muri disambut oleh warga Bolmut keturunan Sangihe (Sanger, red) ini dengan dengan antusias. Selanjutnya ibadah syukur oleh Pendeta F Kamasaan selaku Sekretaris Sinode GMIBM.

HD-MURI yang diwakili oleh calon Wakil Bupati Murianto Babay (MURI) dalam sambutannya mengatakan Bolmut sangat terkenal dengan keberagaman suku, etnis dan budaya. Salah satu etnis besar, yakni Nusa Utara, yang setiap awal tahun melaksanakan tradisi warisan budaya adat leluhur, Tulude, jelasnya.

MURI pun mengapresiasi perayaan adat Tulude ini. Dengan harapan budaya Tulude harus terus dilestarikan. MURI mengajak masyarakat untuk memaknai perayaan adat ini sebagai wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam suatu komunitas yang utuh.

“Kita semua ini merupakan satu kesatuan masyarakat Bolmut yang cinta persatuan, serta sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya daerah,” ucap Pria yang “low profile” yang juga pencinta seni itu.

Berbagai keberhasilan pembangunan nanti, salah satunya merupakan hasil kerja keras dari semua komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Bolmut termasuk masyarakat itu sendiri, sehingga perlu kebersamaan jangan sampai bercerai berai guna.

”Melalui budaya ini, mari kita bersama-sama untuk mewujudkan masyarakat Bolmut yang lebih maju di segala bidang”, pungkasnya. Kemudian usai ibadah sukuran, HD-MURI langsung membaur dengan masyarakat yang tumpah ruah, dengan tarian masamper, terlihat dimana HD piawai dalam tarian masamper ini.

Deki Lantu, Salah satu warga Desa Sudupa yang menyaksikan acara ini, mengaku sangat bangga jika memiliki pemimpin seperti ini. ”Memang ini yang torang ada tunggu, beliau (HD) sodari dulu suka dengan masamper, ini bentuk penghargaan patorang,”ungkap Deki.(Sube/kemal red)