Hanafi Rais : Caleg PAN Tidak Dipunggut Bayaran

oleh -
Hanafi Rais
Hanafi Rais

Jakarta – suaralidik.com, Memasuki tahun politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif 2019, Partai Amanat Nasional (PAN) membuka proses perekrutan Calon anggota Legislatif (Caleg) calon yang ingin ikut bertarung meraih kursi DPR RI, DPRD tingkat provinsi maupun DPRD tingkat kabupaten/kota. PAN berkomitmen dalam perekrutan Caleg tidak memungut biaya sepeserpun.

“Semua caleg tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis total karena PAN ingin menjaring orang-orang yang berkualitas sebagai perwakilan partai dalam memperjuangkan amanat rakyat bukan untuk mencari keuntungan pribadi. Jadi mari bergabung dan berjuang bersama PAN,” tegas Ketua Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) DPP PAN.

Menurut Hanafi Rais, KPPN PAN dalam setiap pencalegan memakai prinsip terbuka dan adil. Para pendaftar, kata Hanafi, dipersilakan menentukan daerah pemilihan yang diminatinya. Nantinya, seluruh calon akan dievaluasi secara ketat meliputi banyak aspek dan kriteria. Nilai dan peringkat yang diraih oleh para pendaftar, akan menjadi basis penentuan nomor urut di dapil masing-masing.

“Semua akan dilakukan secara transparan dan seobyektif mungkin. Tidak ada prioritas, karena menjalankan semangat fairplay, yang mendapat suara terbanyak lah yang berhak atas kursi di DPR,” katanya.

Ia menjelaskan dalam proses perekrutan caleg PAN terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat tidak pandang suku, agama, ras maupun golongan, karena PAN hadir bagi semua pihak yang memiliki visi sama bagi masa depan Indonesia.

“Rekrutmen pencalegan di PAN sampai saat ini telah diikuti oleh berbagai kalangan dari ulama, ustadzah, aktivis, mahasiswa, buruh, artis, ibu rumh tangga, budayawan, jurnalis, mantan menteri, mantan kepala daerah, entrepreneur, purnawirawan tni/polri, bahkan supir ojek online juga ada,” papar Hanafi Rais yang juga Wakil Ketua Umum DPP PAN ini.

Hanafi menjelaskan, para caleg yang sudah mendaftar dan lolos verifikasi partai akan dibekali dengan pelatihan dalam menjalani proses pemilu legislatif.

“KPPN PAN akan memberikan bekal kepada para caleg dengan
dengan pelatihan, tips untuk pemenangan pemilu legislatif. Selain itu mereka akan kita beri atribut-atribut partai untuk membantu dalam kampanye nanti,” ujarnya.(***bob)