Harapan Pemuda Desa Pada Pilkades Di Kampung Halamannya

oleh

Oleh : iccang.bg
Penilis Mahasiswa Semester Akhir UIN Alauddin Makassar Jurusan Ilmu Politik

Opini SuaraLidik.ComDesa adalah kekuatan sejati
Negara harus berpihak pada para petani,
Entah bagaimana caranya
desa masa depan kita
Keyakinan ini datang begitu saja karena aku tak mau celaka
Dilumbung kita menabung
Datang paceklik kita tak bingung
Masa paneng, masa berpesta itulah harapan kita semua
Ini adalah penggalan lagu desa yang dipopulerkan oleh iwan fals

kabupaten jeneponto bakal menggelar pesta demokrasi berupa pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Terkait dengan hal itu camat kelara kabupaten jeneponto meminta kepada calan kepala desa untuk menanam 200 pohon, Entah apa maksud dan tujuan dari perintah yang dikeluarkan oleh camat kelara tersebut.

Selain dari pada itu saya sebagai pemuda desa mengharapkan untuk tidak membawa-bawa tokoh politik dalam perhelatan tersebut, karena pilkades bukanlah pemilihan legislative, bukan pula pemilihan kepala daerah maupun pemilihan presiden, yang melibatkan unsur partai politik sebagai pengusung.

Pilkades adalah murni pemilihan figur calon pemimpin desa yang melibatkan seluruh masyarakat desa, kepala dewa merupakan pemimpin tertinggi dari pemerintah desa.

Sesuai dengan undang-undangnya, kepala desa memiliki masa jabatan 6 tahun, dan dapat diperpanjang lagi untuk 3 tahun kali masa jabatan berikutnya, baik secara berturut-turut ataupun tidak.

Kepala desa meskipun bukan pejabat Negara, tetaplah memiliki peran strategis dan menjadi primadona. Bagaimanapun juga kedudukan sebagai kepala desa sejauh ini masih menarik minat masyarakat.

Makanya tidak jarang calon kepala desa rela melakukan berbagai upaya untuk memenangkan pertempuran di kotak pemilihan. Namun masih sering pula terjadi kecurangan yang tidak menunjukkan sebagai pemimpin rakyat yang notabenennya berada dalam Negara yang meganut sistem demokrasi contohnya serangan fajar atau monay politik.

Harapan saya sebagai pemuda desa yang kebetulan bertempat tinggal di desa Bontonompo Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto yang beberapa bulan lagi akan mengadakan pemilihan kepala desa agar seluruh masyarakat tidak mudah terpropokasi oleh pihak-pihak yang ingin menjadikan pemilihan desa sebagai lahan pertarungan yang akan mengakibatkan permusuhan antar arga desa, persoalan beda pilihan itu adalah hak bagi semua warga desa, tidak boleh ada interpensi dari pihak manapun itu.

Editor : Adhe