Harga Cabe Rawit dan Tomat Di Bolmut Meroket

oleh -57 views
Pantau harga terkini Cabe Rawit dan Totat di Pasar Boroko
Pedagang rempah-rempah di Pasar Boroko

BOLMUT, SuaraLidik.Com – Harga cabe rawit dan tomat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) naik drastis. Hal ini menyebabkan sejumlah ibu rumah tangga harus berpikir dua kali untuk ke pasar.

Sebut saja Mama Alan, sapaan akrab bagi Ibu Rumah Tangga asal Boroko, mengeluhkan kondisi harga tomat dan cabe rawit saat ini.

“Biasanya cabe rawit hanya 50 ribu/kg, namun saat ini sudah 100 ribu. Begitu juga tomat yang ikut-ikutan naik, dari 5 ribu/kg menjadi 20 ribu. Kenaikan harga ini menyebabkan saya dan para ibu rumah tangga lainnya harus ekstra hemat dalam menggunakan rempah-rempah”, ungkapnya.

Berdasarkan pantauan reporter media ini pada Kamis (07/11/2019) di Pasar Boroko, harga Cabe Rawit berkisar pada 100 ribu/kg, Cabe Kriting 70 ribu/kg, Tomat 18 ribu hingga 20 ribu/kg, Bawang Merah 28 ribu/kg dan Bawang Putih 45 ribu/kg.

“Rempah-rempah yang naik saat ini cabe rawit dan tomat. Biasanya cabe rawit hanya 50 ribu/kg dan tomat berada di angka 3 sampai 5 ribu, kini naik berkali kali lipat”,ujar Rini salah satu pedagang pasar yang diwawancarai reporter media ini.

Rini pun menambahkan, kenaikan harga untuk cabe rawit sudah berlangsung satu bulan, sedangkan untuk tomat baru 2 minggu.

“Kami belum tahu penyebab kenaikan harga ini, rata-rata rempah di pasar ini didatangkan dari Kotamobagu. Harapannya harga bisa kembali normal, karena situasi ini berdampak pada daya beli masyarakat”, ungkap pedagang asal Desa Kuala itu. (***chan)