Harga Sapi di Sinjai Jelang Idul Adha, Lumayan !!!

oleh
Sapi milik warga Sinjai Borong, Sinjai

SINJAI,SUARALIDIK.com– Menjelang perayaan hari raya Qurban atau Idul Adha 1437 Hijriyah, harga komoditas sapi di beberapa tempat di Sinjai meningkat.

Saat ini rata-rata kenaikan tersebut berkisar antra Rp 700 ribu hingga Rp 2,5 Juta per ekor, tergantung dari ukuran dan usia sapi tersebut. Harganya pun bervariasi, semisal di daerah Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai seekor sapi dihargai mulai dari Rp 7  Jutaan hingga tertinggi mencapai Rp 10 juta ke atas.

Tahun lalu, sapi yang saya pelihara Pak, di beli dengan harga Rp 5 Juta, ini sudah ditawar oleh calon pembeli yang ingin berkurban dengan harga Rp 7,3 Juta dengan usia yang sama. Kalau yang umurnya 3 tahun keatas itu makah bisa mencapai Rp 11 -12,5 Juta per ekornya ‘ ujar Imran, salah seorang peternak sapi di Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong, Jum’at (2/9/2016).

Sapi milik warga Sinjai Borong di hargai Rp 7 Juta
Sapi Kurban milik Warga Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong yang dihargai Rp 7 Juta. Jelang Idul Adha,harga sapi di Sinjai meningkat- ANDI AWAL/SUARALIDIK

Permintaan sapi umumnya berasal dari warga yang ingin melaksnakan ibadah berkurban pada hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Senin (12/9/2016) nanti.

Warga umumnya lebih cenderung mencari sapi yang berharga dibawah Rp 10 Juta sementara sapi yang harganya diatas 10 juta rupiah biasanya hanya diminati oleh kalangan tertentu maupun pedagang yang berasal dari luar Sinjai

Pihak Dinas Peternakan Sinjai menghimbau warga yang akan menjual sapinya untuk hewan kurban agar wajib memeriksakan sapinya tersebut kepada petugas Kesehatan Hewan untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan bagi hewan peliharaan, tujuannya agar dapat terdeteksi sapi yang terjangkit penyakit antraks.

Redaksi Suara Lidik : Andi Awal