Harga Sembako Stabil?, Ini Hasil Sidak Walikota Kotamobagu

oleh
Sidak walikota Kotamobagu sulut
Pjs. Walikota Kotamubagu Muh. Rudi Mokoginta saat cek harga Sembako di pasar, Kamis (17/5/2018)

KOTAMOBAGU – suaralidik.com, Pjs. Walikota Kotamobagu, Muh. Rudi Mokoginta mengadakan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa titik, diawali pada Pasar, Pertokoan, Supermarket, Stasiun Pengisian Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) hingga Gudang Bulog, Rabu 16/05

Rudi Mokoginta menjelaskan, kalau hasil sidak yang kami lakukan sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga, tapi ada juga yang turun, menurut Rudi sampai hari ini harga di pasaran masih terbilang stabil.

“Dari hasil sidak kami dapati harga Cabe mengalami kenaikan yang cukup besar, sebelumnya harga cabe di anka Rp. 30.000, sekarang harga mencapai Rp. 45.000, adapun telur ayam juga mengalami kenaikan. Tetapi harga bawang merah, minyak kelapa mengalami penurunan harga, sementara terigu, mentega dan daging sapi praktis harganya stabil jelas Rudi.

Lebih lanjit Rudi Mokoginta memastikan kalau stock beras yang tersedia di Gudang Bulog cukup memenuhi kebutuhan masyarakat selama enam bulan kedepan. Sedangkan khusus Beras premium pedagang masih mempunyai stock untuk satu minggu kedepan. Dari pantauan pihak kami di daerah tetangga sekarang sementara panen. Jadi jangan khawatir untuk ketersediaan beras ujarnya.

Rudi lebih lanjut menjelaskan, kalau ayam potong mengalami kenaikan harga ditingkat peternak sebesar Rp. 5.000 per ekor, otomatis pedagang pasti menaikan harga.

Rudi juga mengatakan kalau pihaknya telah meminta kepada Bulog untuk rutin melakukan operasi pasar.

“Kami meminta Bulog, sebab sesuai fungsi Bulog adalah melakukan stabilisasi harga. Komoditi yang harus mereka pantau di pasar adalah cabe, kami juga sudah melakukan komonikasi dengan Kepala Bulog di Manado, kalau-kalau stok mereka banyak bisa dikirim kemari tutup Rudi. (***abrm-Jul)

Abdul Nazaruddin

Rujadi

Mohamad Hidayat Panigoro

Andi Edy Manaf

H.Askar

Harris Pratama