Hari Ini, 409 Jemaah Calon Haji Bulukumba Ikuti Acara Pembukaan Manasik

oleh -
Calon Jemaah Haji Bulukumba
Pembukaan manasik Calon Jemaah Haji Bulukumba, Senin (14/5/2018)

Bulukumba,suaralidik.com – Untuk musim haji tahun 2018, tercatat jumlah Calon Jamaah Haji ( CJH) Kabupaten Bulukumba sebanyak 409 orang yang hari ini, Senin (14/5) mengikuti pembukaan manasik yang dibuka Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali diwakili Kabag Kesra Hj.Darmawati.

Pada pembukaan manasik haji, dihadiri Kapolres, Dandim 1411 Bulukumba, Kepala Kemenag H.Ali Yafid, Ketua MUI, Pimpinan Bank, Kepala KUA dan Ketua Kloter dipercayakan kepada Abd. Hakim Bohari,S.Ag, M. Pd.I yang menjabat Kepala Seksi PAIS kementerian Agama Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba melalui Kabag Kesra Hj.Darmawati menyatakan rasa bangga bisa hadir bersama para tamu Allah SWT yang mendapat kehormatan untuk menunaikan ibadah haji. ” Sungguh satu kenikmatan yang diberikan Allah SWT kepada hambanya yang terpilih untuk datang menunaikan rukun Islam kelima, Untuk itu saya mengajak seluruh calon jamaah haji untuk mensyukuri nikmat yang Allah berikan dan mulai sekarang saya minta seluruh calon jamaah haji agar menjaga kesehatan,” harap Bupati Bulukumba.

Disebutkan, minat masyarakat Bulukumba untuk menunaikan ibadah haji semakin tinggi, dibuktikan dengan daftar antrean calon jamaah haji semakin panjang, bahkan sudah mencapai puluhan tahun bagi mereka yang mendadtar kemarin.

” Hal ini membutikan tingkat keimanan masyarakat Bulukumba semakin tinggi, sekaligus menjadi indikator peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat Bulukumba,” papar Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Hj.Darmawati.

Menurut Bupati, kegiatan bimbingan manasik haji bagi para CJH, merupakan media untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang haji dan kegiatan ini, bupati berpesan agar tidak dipandang sebagai kegiatan serimonial belaka.

” Manfaatkan bimbingan manasik haji ini untuk menimba pengetahuan dan pengalaman dari para pembimbing, Insya Allah CJH akan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji dengan benar,” kata Bupati yang disampaikan Hj.Darmawati.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Bulukumba H.Ali Yafid juga mengingatkan para CJH Bulukumba, untuk menjaga kesehatan, baik sebelum berangkat ke Tanah suci Makkah Al Mukarromah dan Madina Al Munawwarah, juga selama berada disana. Selain itu, kekompakan sesama CJH juga harus terus dijaga.

Selain CJH, musim haji tahun 2018 didampingi petugas Non kloter dari Kesehatan sebanyak 5 orang terdiri dari 1 dokter dan 4 perawat serta 1 orang petugas kesehatan kloter.

Kepala Kemenag H.Ali Yafid melaporkan kepada Bupati Bulukumba secara rinci dari 409 orang CJH Bulukumba, dari Kecamatan Ujungbulu 56 orang, Ujungloe 15 orang, Gantarang 108 orang, Kindang 100 orang, Bulukumpa 51 orang, Rilau Ale 30 orang, Kajang 13 orang, Herlang dan Bontotiro masing masing 7 orang, Bontobahari 22 orang.

Dan tahun ini CJH termuda atas nama Istiana Hakma umur 20 tahun dan usia tertua Sanifa Dg Layu, umur 78 tahun keduanya berasal dari Kecamatan Ujungloe, sedangkan petugas yang dinyatakan lulus pada seleksi TPHD atas nama Syamsi Paro, anggota DPRD Bulukumba, dan bimbingan manasik secara massal berikutnya pada 9 Juli 2018.(***Edy)