Hari Ini, Walikota Kotamobagu Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kota Layak Anak

oleh -101 views
Kota Layak anak - Kotamobagu
Walikota Kotamobagu, menerima kunjungan tim Verifikasi Kota Layak Anak di Rumah Dinas Walikota, Selasa, 22/05

Kotamubagu, suaralidik.com – Ir. Hi. Muh. Rudi Mokoginta Pjs. Walikota Kotamobagu, menerima kunjungan tim Verifikasi Kota Layak Anak di Rumah Dinas Walikota, Selasa, 22/05

Rudi Mokoginta pada sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Kotamobagu dari tahun 2016 lalu sudah menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan untuk mendukung Kota Kotamobagu mencapai Kota Layak Anak di Provinsi Sulawesi Utara.

“Berbagai macam kegiatan dan program telah dilaksanakan berupa, pencanangan Kelurahan dan Kecmatan layak anak, pencanangan kampung berlian, three ends, pembentukan PUSPAGA dan PISA, Pembentukan forum anak daerah dan forum anak Kecamatan, program percepatan akta kelahiran anak, percepatan Kartu Identitas Anak (KIA), terbentuknya tugas kota layak anak dan surat edaran pelarangan merokok pada lokasi perkantoran di Kota Kotamobagu, jelas Rudi.

Rudi lebih lanjut mengatakan, di tahun 2017, Pemerintah Kota Kotamobagu melakukan Program Anak Asuh Daerah (AAD) yang kesemua kegitan ini dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang diperuntukan para Siswa dan Mahasiswa yang kurang mampu tetapi status akademiknya berprestasi.

Rudi Mokoginta lebih lanjut menjelaskan, dari lima ratus lebih kabupaten/kota se Indonesia, Kota Kotamobagu adalah salah satu daerah yang di verifikasi untuk Kota Layak Anak.

“Kami sangat besyukur dan sangat mengapresiasi, karena diantara lima ratus lebih kabupaten/kota se Indonesia, sisa 188 Kabupaten/Kota yang di verifikasi dan di Provinsi Sulawesi Utara cuma ada dua Kabupaten/Kota yg di verifikasi, yaitu Kota Kotamobagu dan Kabupaten Minahasa Tenggara,”

“Kami optimis, kalau kita terus bekerja dan apapun yang menjadi kekurangan yang disampaikan oleh tim verifikasi, segera kita tindak lanjuti untuk diperbaiki, kata Rudi.

Di tempat yang sama, Rafika Bora Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (P3A) Kota Kotamobagu, menegaskan, kedepannya pihak kami akan mengadakan tempat bermain untuk anak di enam Keluarahan yang tersebar di Kota Kotamobagu.

Akan dibangun tempat bermain, sebagai tempat bermain anak, karena di Kotamobagu sangat kurang tempat seperti ini.

“Program seperti ini terus akan dikembangkan, agar Kotamobagu menjadi Kota layak anak bisa kita capai, tutup Rafika Bora.(***jul)