Hari Ketiga, TKI Purna Angkatan IV 2017 Asal Bulukumba Sudah Bisa Buat Abon Ikan

oleh
TKI Purna Bulukumba
Dok : Peserta Pelatihan Program Pemberdayaan Terintegrasi TKI Purna Angkatan IV asal Kabupaten Bulukumba, Prkatek cara membuat Abon Ikan Tuna, Minggu, 20/8/2017

Makassar,suaralidik.com –  25 Orang Peserta pelatihan Program Pemberdayaan Terintegrasi TKI Purna dan keluarganya angkatan ke IV 2017 Kini memasuki hari ketiga, Senin (21/8/2017).

TKI Purna Bulukumba
Dok : Peserta Pelatihan Program Pemberdayaan Terintegrasi TKI Purna Angkatan IV asal Kabupaten Bulukumba, Prkatek cara membuat Abon Ikan Tuna, Minggu, 20/8/2017

Program yang diselenggarkan oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Makassar ini berlangsung di Allson City Hotel kota Makassar selama 6 hari untuk masing-masing angkatan.

Sebelumnya 25 Peserta Pelatihan Program Pemberdayaan Terintegrasi TKI Purna dan keluarganya Angkatan III  2017 yang berasal dari kabupaten Gowa provinsi Sulawesi selatan dibekali dengan keterampilan cara membuat bunga dari bahan baku sabung dan tas dari kain batik.

Sementara khusus untuk 25 Peserta pelatihan Pemberdayaan TKI purna angkatan IV 2017 yang masih berlangsung hingga 23 Agustus 2017 ini diberikan pelatihan keterampilan cara membuat abon ikan dan ikan tanpa tulang dari ikan.

Hasil pantauan suaralidik.com di Aula Lt.2 Hotel Allson City makassar, 25 Peserta pelatihan diberikan materi dan praktek cara pembuatan Abon Ikan Tuna yang dibimbing langsung oleh  Kelompok Wanita Nelayan (KWN) Fatimah Az-zahra.

Ketua Kelompok Wanita Nelayan (KWN) Fatimah Az-zahra, Dra Nuraeni yang ditemui langsung diruangan praktek menjelaskan kalau mereka sedang dibimbing cara membuat Abon Ikan dari ikan tuna.

Abon ikan tuna
Abon Ikan Tuna

Nuraeni yang akrab disapa “Ibu Eni” ini juga menambahkan kalau pada dasarnya ini akan merangsang minat dan pola pikir para peserta TKI Purna untuk berkarya dan menjadikannya sebagai modal untuk membuka usaha mandiri kedepannya.

Sebenarnya banyak yang bisa kita berikan kepada mereka, seperti cara buat Abon ikan Tuna,Otak – otak Ikan tenggiri ,Bandeng Tanpa Duri , Bandeng Isi, Nuget ikan, Aneka Roti, Kue – kue Tradisional Makassar, Aneka olahan hasil laut dan lain-lain, tetapi untuk sementara ini kita bimbing dulu cara buat Abon ikan Tuna dan Otak – otak Ikan tenggiri, Bandeng tanpa tulang “ Jelas Ibu Eni.

Ibu Eni menambahkan kalau untuk hari ini, Peserta sudah bisa menghasilkan karya pertamanya yaitu membuat Abon Ikan dari ikan Tuna.

Alhamdulillah, mereka sudah bisa membuat Abon Ikan Tuna dengan baik,meski masih ada kekurangan tetapi lambat laung akan lebih baik lagi “ tutupnya.

Sementara itu, Kasi Perlindungan TKI BP3TKI Makassar sekaligus penanggung jawab kegiatan ini, Imrana Syatar menjelaskan kalau keterampilan yang diberikan itu disesuaikan dengan perolehan bahan baku yang mudah.

Khusus 25 Peserta Pelatihan Pemberdayaan TKI Purna angkatan IV ini berasal dari kabupaten Bulukumba yang pada umunya bermukim di pesisir dan bahkan bekerja sebagai nelayan yang tentunya mudah mendapatkan ikan sebagai bahan baku “ Jelas  Imrana Syatar yang akrab disapa “ Ibu Nana” ini.

Program dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Makassar ini bertujuan untuk kesejahteraan TKI Purna yang sudah tidak kembali lagi bekerja di luar Negeri.

Mereka dibekali dengan keterampilan agar bisa berwirausaha yang mandiri untuk kesejehteraan mereka bersama keluarganya.

Insya Allah , khusus angkatan IV ini, Kegiatannya akan berlangsung hingga tanggal 23 Agustus 2017” tutup Ibu Nana. (Alif/Bcht)