Hari Pertama Kerja, Ratusan Warga Menagih KTP di Kantor Disdukcapil Bulukumba

oleh
Suasana halaman Kantor Disdukcapil Bulukumba. Senin (3/7/17).

BULUKUMBA, Suaralidik.com — Antrian panjang masyarakat terlihat di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba, di hari pertama kerja pasca libur lebaran Idul Fitri, Senin (3/7/17).

Dari pantauan tim Suaralidik.com, ratusan membludak hingga ke halaman kantor Disdukcapil sejak pagi hari hingga sore. Kebanyakan dari mereka sedang menagih Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang tak kunjung terbit, padahal jauh hari bahkan di 2016 telah melakukan pengurusan.

Suasana halaman Kantor Disdukcapil Bulukumba. Senin (3/7/17).

Salah seorang warga asal Desa Laikang, Kecematan Kajang, Resky menuturkan, sebelumnya telah melakukan pengurusan pada bulan November 2016.

“Katanya data saya belum masuk di Kantor Disdukcapil,” ujarnya.

Kepala Seksi Dan identitas Disdukapil Bulukumba, M Nawir TN mengakui keterlambatan tersebut, ia menjelaskan secara detail bahwa keterlabatan penerbitan KTP karena adanya kendala data yang dikirim kepusat lambat.

“Data kami kirim ke pusat pada bulan September 2016 ternyata akhir bulan Mei 2017 data itu baru sampai,” ujarnya.

Selain mengurus KTP, ada juga warga yang mengurus surat pindah domisi. Tercatat ada sekitar 27000 jiwa penduduk yang melakukan pindah domisili, baik pindah ke desa lain, atau ke daerah lain, belum lagi 34000 penduduk asli Bukukumba yg belum melakukan perekaman.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Tahun ini (2017) sudah mencapai 18000 jiwa data penduduk yang sudah kita kirim datanya ke pusat,” jelas Nawir. (Harley/Red 4)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama