Makassar Recover

Pemkab bantaeng

Hasil Pengembangan, Polisi Berhasil Menangkap 6 Tersangka Penyelundup 402 Kg Sabu

  • Bagikan
Konferensi pers mabes Polri, 4 juni 2020 - Sabu 402 kg
Konferensi pers mabes Polri, 4 juni 2020

Narkoba – Polisi berhasil menangkap pelaku penyelundup 402 kg sabu. Penangkapan ini merupakan pengembangan dari penangkapan dua kru kapal di Pelabuhan Ratu.

Jika dinominalkan ke rupiah, sabu seberat 492 kg tersebut ditaksir mencapai Rp482,4 miliar. Sangat disayangkan sekali uang sebanyak itu dalam bentuk barang haram, padahal bisa lebih berguna dalam kondisi pandemi seperti ini untuk membeli Alat Pelindung Diri dan kebutuhan lain bagi para dokter dalam memerangi corona. 

Pemkab bantaeng

“Dapat menyelamatkan 1.608.000 jiwa,” ucap Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, Kamis 4 Juni 2020.

Mereka menyelundupkan ratusan kilogram barang haram itu dengan modus ship to ship dari Iran dengan kapal yang berlabuh di Samudera Hindia.

“Ada 6 orang yang ditangkap. Warga Sukabumi dan Tasikmalaya. Mereka adalah BK (45), I (33), S (36), NH (40), R (41), dan YFC (31),” kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo melalui keterangan tertulis Kamis (4/6/2020).

Mereka dibekuk pada Rabu (3/6/2020) di Perumahan Vila Taman Anggrek, Sukabumi, Jawa Barat. Pengungkapan ini bermula saat tim mendapat informasi ada sabu asal Iran yang hendak masuk Indonesia.

Tim akhirnya berhasil menangkap dua orang kru kapal dengan barang bukti 2 kg sabu di Pelabuhan Ratu. Tim lalu melakukan pengembangan dan menangkap tersangka lain di perumahan di Sukabumi itu yang menyimpan 402 kg sabu.

Tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) UU No 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Sebelum kasus ini beberapa saat lalu polisi juga mengungkap kasus serupa di Serang, Banten. Polisi masih mengembangkan ke jaringan yang lain.(*Beritasatu.com)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *