Hebat, Mahasiswa UNM Olah Garam Jadi Detergen

oleh

JENEPONTO, Suaralidik.com – Ditengah kelangkaan garam yang terjadi di Indonesia, bahkan membuat pemerintah akan mengimpor garam tak menjatuhkan semangat para Mahasiswa untuk berkarya.

Buktinya terjadi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi-Selatan, dimana sekumpulan Mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (UNM) mengubah garam menjadi Detergen cair. Hal itu juga mereka salurkan dalam bentuk pelatihan ke Masyarakat.

Para Mahasiswa yang sedang KKN di Kelurahan Bontorannu ini melatih Masyarakat membuat detergen cair dari garam. Minggu (6/8/17).

“Besar harapan saya untuk mendapatkan pengetahuan baru terutama pengolahan detergen dari garam guna meningkatkan taraf perekonomian keluarga,” ujar Daeng Gassing salah satu peserta pelatihan.

Sementara sekertaris kelurahan bontorannu, Tamsil dalam sambutannya mengatakan.

“Kegiatan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan prekonomian masyarakat Jenneponto khususnya Kelurahan Bontorannu karena kita ketahui bontorannu merupakan sentral penghasil garam terbesar yang ada di kabupaten Jenneponto” Ujarnya.

Sedangkan Penanggung jawab kegiatan, Makbul Faturahman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat.

“Ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat bontorannu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengolahan garam menjadi deterjen cair,” ungkapnMakbul.

Menurut pengagas pelatihan ini, Fatmawati “Detergen dari garam bukanlah sebuah hal yang baru, namun perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat khususnya daerah penghasil garam,” tandasnya.

Penasaran seperti apa bentuk garam yang diolah menjadi detergen oleh para mahasiswa ini, berikut gambarnya


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama