Heboh, Kader PAN Bulukumba Membelot ke Jokowi-Amin Terancam Sanksi?

oleh -

BULUKUMBA — Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) Bulukumba, A Mustamin Patawari Philip memilih mengalihkan dukungan kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomer urut satu, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Meski partainya telah menyatakan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Konsitensi dukungan PAN di Bulukumba kini menjadi tanda tanya dengan adanya kader yang memilih untuk membelot.

Kabar pengalihan dukungan tersebut sontak membuat heboh masyarakat Bulukumba, hal itu dikuatkan dengan beredarnya foto A Mustamin Patawari Philip menggunakan kaos tim bergambar Jokowi-Ma’ruf dengan tulisan “Sahabat Rakyat 2019 Jokowi-Amin” di media sosial Facebook yang ramai dibicarakan, terlebih Bulukumba merupakan basis Prabowo-Sandi.

Ketua DPD PAN Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki kepada awak media terkait hal tersebut mengaku telah melaporkannya ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel untuk melakukan evaluasi dan menjadi pertimbangan.

“Kita sudah deteksi itu, kita akan panggil yang bersangkutan klarifikasi,” ujarnya, Minggu (31/03/2019).

Meski demikian, A Zulkarnain yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bulukumba mengaku jika beralihnya dukungan salah satu kadernya merupakan hak pribadi. Hanya saja dirinya menilai jika langka yang diambil tidak disertai dengan pemberitahuan.

“Itu hak pribadi tapi seharusnya kader melakukan penyampaian secara pribadi dan tidak membawa nama atau menggunakan atribut PAN,” Ungkapnya.

“Kita sudah sampaikan ke DPW soal ini. Karena kami tidak ingin ini menjadi bahan ributan sementara kontestasi sebentar lagi mencapai hari pencoblosan,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada klarifikasi dari A Mustamin Patawari Philip terkait pengalihan dukungan kepada Capres-cawapres Jokowi-Amin.

Untuk diketahui juga, PAN merupakan salah satu partai koalisi pengusung pasangan capres-cawapres nomer urut 2, Prabowo-Sandi.

Di Bulukumba sendiri eksistensi PAN sangat tinggi dalam mensosialisasikan pasangan yang mengusung visi-misi “Indonesia Menang” itu.