HEBOH !!! Menteri Jokowi Dituding Berwarga Negara Ganda,Kok Bisa ????

oleh
Menteri ESDM,Arcandra Tahar
Menteri ESDM RI,Arcandra Tahar yang dituding berwarganegara ganda-SUARALIDIK.com
Menteri ESDM RI,Arcandra Tahar yang dituding berwarganegara ganda-SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.com,JAKARTA- Integritas dan kredibilitas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar patut dipertanyakan. Posisi Arcandra memegang jabatan yang luar biasa strategis bagi bangsa dan negara bisa menjadi potensi ancaman bagi Keamanan Nasional RI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Redaksi SuaraLidik.com, Senin (15/8/2016) dari berbagai sumber terpercaya dan akhirnya pengakuan Arcandra sendiri setelah dikonfrontasi, Presiden RI dan beberapa anggota kabinet baru-baru saja menyadari bahwa Arcandra melakukan tindakan melawan hukum dan UU RI sebelum dan sesudah dilantik sebagai Menteri ESDM oleh Presiden RI Joko Widodo.

Arcandra merupakan Warga Negra Amerika Serikat atau WN AS melalui proses naturalisasi pada bulan Maret 2012 dengan diambilnya Oath Of Allegiance atau sumpah setia yang bersangkutan kepada negara Amerika Serikat. Karena Indonesia belum mengakui dwi kewarganegaraan, maka otomatis secara hukum yang bersangkutan kehilangan status WNI-nya.

Dalam Pasal 22 ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara disebutkan bahwa syarat untuk seseorang diangkat sebagai Menteri adalah harus berstatus WNI.

Jika itu benar terjadi, maka status warga negara Indonesia Archandra terancam dicopot karena Indonesia tidak mengenal kewarganegaraan ganda (Bipatride). Aturan tersebut tercantum dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan.

Pasal 23 UU tersebut menjelaskan, Warga Negara Indonesia akan kehilangan kewarganegaraannya jika memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya, tidak menolak atau melepaskan kewarganegaraan lain, dan dinyatakan hilang kewarganegaraannya oleh Presiden atas permohonannya sendiri.

Diolah Dari Berbagai Sumber
EDITOR: Andi Awal/SuaraLidik