Heboh Wartawan Gadungan, Begini Himbauan Ketua PWI Bolmut

oleh -11 views
Ketua PWI Kab. Bolmut, Satrin Lasama.
Ketua PWI Kab. Bolmut, Satrin Lasama.

BOLMUT – SuaraLidik.Com, Terkait penangkapan Polsek Bolangitang terhadap oknum yang diduga wartawan gadungan, menuai sorotan dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Satrin Lasama.

Sorotan ini berupa himbauan dengan tujuan agar terjaganya profesionalisme jurnalistik dari oknum wartawan abal-abal.

Adapaun himbauannya berbunyi sebagai berikut :

Kepada Sangadi, Camat, Kepala Sekolah, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan sumber berita lainnya, agar :

1. Tidak melayani oknum yg mengaku wartawan membawa proposal dan meminta sumbangan kepada narasumber berita.

2. Saat ini Polsek Bolang Itang telah mengamankan dua oknum yg mengaku wartawan bersama barang bukti 1 unit kendaraan roda empat, handycam, id card dan proposal yg berisi uang jutaan rupiah (konfirmasi di polsek).

3. Belakangan ini para Kepsek dan Sangadi diresahkan oleh oknum yg mengaku wartawan, lantaran usai wawancara mereka menyodorkan proposal.

4. Polsek Bolang Itang telah mengundang PWI Bolmut untuk memastikan kalau mereka benar-benar wartawan yg sesubguhnya. Namun, ternyata selain wartawan tidak kompeten, juga medianya tidak terdaftar di dewan pers. Sehigga jika ada pihak-pihak yg merasa dirugikan agar dapat menghubungi aparat keamanan terdekat.

5. Apa yg dilakukan oleh oknum-oknum wartawan tersebut diduga telah melanggar kode etik jurnalis dan menggadaikan profesi wartawan khusunya di Kabupaten Bolmut dihadapan narasumber dengan meminta sejumlah uang yg pada dasarnya sangat dilarang oleh Dewan Pers dan melanggar UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

Demikian himbauan ini untuk dimaklumi terutama narasumber berita.

Satrin Lasama (Ketua PWI Kab. Bolmut)

(***chan)