Himpunan Mahasiswa Mesin FT-UPRI Makassar Gelar Servis Gratis Kendaraan Bermotor Pada 3 Kabupaten

oleh
Himpunan Mahasiswa Mesin FT-UPRI
Himpunan Mahasiswa Mesin FT-UPRI makassar Gelar Servis Gratis Kendaraan Bermotor,digelar pada tanggal 3 s/d 11 April 2017 di kabupaten Toraja; Kota Palopo dan Kabupaten Sidrap

Suaralidik.com,- Menggandeng Pertamina dan Celebes TV, Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Pejuang R.I Makassar (HMM FT-UPRI) menggelar servis gratis kendaraan roda dua. Kegiatan ini bertajuk “Engine Tune Up South Celebes” ini digelar pada tanggal 3 s/d 11 April 2017 di kabupaten Toraja; Kota Palopo dan Kabupaten Sidrap. Selain sponsor tersebut, turut terlibat pula pemerintah setempat di dalam mengakomodir tentang kegiatan tersebut.

Himpunan Mahasiswa Mesin FT-UPRI
Himpunan Mahasiswa Mesin FT-UPRI makassar Gelar Servis Gratis Kendaraan Bermotor,digelar pada tanggal 3 s/d 11 April 2017 di kabupaten Toraja; Kota Palopo dan Kabupaten Sidrap

Engine Tune Up South Celebes merupakan rangkaian dari Kreativitas Mesin Pejuang (KMP) 2017 yang rutin digelar  oleh HMM FT-UPRI setiap tahun. Tiga kegiatan lain yang terangkum dalam KMP 2017 adalah Liga Mesin Se-Kota Makassar, Festival Motor Antik dan Kegatan Kemunisaan Donor Darah.

Membuka acara pelepasan, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FT-UPRI, Munawar, ST, MT mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada sponsor, HMM FT-UPRI, panitia pelaksana dari mahasiswa Jurusan Teknik Mesin yang telah bekerja keras mensukseskan agenda tahunan Jurusan Teknik Mesin ini.

Mengawali sambutan, Wakil Dekan III dan mahasiswa meneriakkan yel-yel yang menjadi ciri khas Jurusan Teknik Mesin yakni “Solidaritas Forever” dengan lantang dan dijawab dengan kata “Strong” oleh para mahasiswa teknik mesin, yang semakin menambah semangat acara pelepasan ini. Ia juga menitipkan pesan khusus kepada mahasiswa baru Mesin, “Di tahun-tahun mendatang, mahasiswa baru juga akan melaksanakan kegiatan ini. Oleh karena itu, kalian bisa belajar banyak dari kakak-kakak kalian dengan hadir di acara pelepasan ini”.

Pembelajaran diantaranya adalah cara menservis motor, mencari sponsor maupun aktifitas lainnya yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini. “Kuliah di Fakultas Teknik harus siap untuk bekerja keras tanpa mengenal waktu. Semoga mahasiswa baru bisa cepat beradaptasi dengan budaya ini,” imbuhnya.

Disampaikan Ketua Jurusan Teknik Mesin Natsir Thamrin, ST, MT, sebanyak 150-200 sepeda motor siap di servis oleh mahasiswa pada ketiga lokasi tersebut. “Kegiatan ini adalah bagian dari aplikasi ilmu Teknik Mesin. Sebelumnya, mahasiswa telah diberi pelatihan terlebih dulu dan diawasi langsung oleh Honda, Suzuki dan Yamaha. Mereka telah siap memberi pelayanan yang terbaik,” tambahnya.

Servis Gratis kendaraan bermotor
Servis Gratis kendaraan bermotor oleh Himpunan Mahasiswa Mesin FT-UPRI makassar

Sementara itu, Ketua HMM FT-UPRI, Haprianto, dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat. Servis ringan yang diberikan meliputi servis karburator, rantai, gas, penyetelan katup, serta ganti oli dan busi. “Bahkan oli digratiskan dari Pertamina,” kata Haprianto. Selain servis gratis yang dilakukan para pelaksana kegiatan juga melakukan promosi penerimaan mahasiswa baru pada ketiga lokasi tersebut. (ahmad/bcht)