Hindari Hal Ini Saat Berlibur Ke Luar Negeri

oleh -86 views
foto GNFI
foto GNFI

Tips dan Trik – Berlibur ke luar negeri adalah hal yang pastinya diidam-idamkan semua orang. Tidak seperti pada masa lampau, kini berlibur ke luar negeri semakin mudah diwujudkan. Selain karena semakin banyaknya maskapai penerbangan yang bisa mengakomodasi liburan, harga tiket pesawat pun semakin terjangkau. Tak jarang ada penawaran harga promosi dari maskapai meski jumlahnya terbatas. Untuk maskapai besar seperti Garuda Indonesia, biasanya mereka mengadakan travel fair dan memberi diskon besar-besaran untuk penerbangan ke luar negeri.

Bagi yang pertama kali pergi ke luar negeri, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa saja yang sebaiknya dihindari agar perjalanan tetap nyaman. Karena tujuan berlibur adalah untuk menyenangkan hati dan pikiran, bukan? Berikut ini adalah hal-hal yang sebisa mungkin dihindari saat memutuskan untuk berlibur ke luar negeri.

Membawa terlalu banyak barang

Membawa barang bawaan yang terlalu banyak hanya akan merepotkan saja. Selain berat, akan merepotkan saat pindah dari pesawat satu ke pesawat lain bila diperlukan. Atau saat membawa barang bawaan tersebut dari bandara. Apalagi beberapa maskapai penerbangan luar negeri seperti Garuda Indonesia hanya menyediakan bagasi sebesar 20kg. Jadi, bawalah barang bawaan seperlunya saja.

Membawa cairan terlalu banyak dan tidak mengemasnya dengan baik

Kesalahan yang banyak dilakukan wisatawan saat baru pertama kali ke luar negeri adalah membawa cairan terlalu banyak dan tidak mengemasnya dengan baik. Cairan yang dimaksud di sini parfum, sabun mandi, kosmetik, dan lain-lain. Perlu diketahui, membawa cairan dibatasi untuk ukuran 1 botol 100ml dan tidak diperbolehkan membawa lebih dari 10 botol. Adapun cara mengemasnya adalah dengan memasukkan botol cairan tersebut ke dalam kantung plastik yang bisa ditutup rapat.

Kurang teliti dalam membeli tiket

Ada banyak sekali promo tiket pesawat yang ditawarkan kala musim liburan tiba. Biasanya karena tergiur dengan harga yang ditawarkan, wisatawan langsung membeli tanpa mengecek ulang pengisian nama, nomor identitas, dan harga total. Ada banyak kasus yang terjadi karena kesalahan tiga hal tersebut. Untuk pilihan maskapai, kamu bisa memilih maskapai terpercaya seperti Garuda Indonesia. Kesalahan lain yang seringkali terjadi adalah tidak memilih kursi, padahal maskapai seperti Garuda Indonesia juga memberikan layanan untuk memilih kursi sesuka hati.

Hanya mengandalkan Wi-fi

Meski tidak akses internet selama berlibur, sebisa mungkin hindari mengandalkan Wi-Fi. Apalagi di era modern ini internet seolah menjadi kebutuhan penting saat liburan. Entah itu untuk eksis di sosial media, melihat Google Maps untuk mencari jalan, atau untuk memesan taksi online. Ada banyak kartu SIM yang menyediakan paket khusus dipakai di luar negeri, jadi tidak perlu bayar terlalu mahal.

Tidak mencari info tentang bandara di negara tujuan

Sering terjadi wisatawan kurang memperhatikan soal bandara di negara tujuan. Karena tidak ada bayangan sama sekali, banyak wisatawan yang ketinggalan pesawat karena tidak bisa tepat waktu. Entah itu karena bandara yang terlalu besar, atau karena akses menuju bandara yang jauh dari pusat kota. Selain mencari info tentang bandara tujuan, selalu pastikan untuk sudah berada di bandara paling tidak 3 jam sebelum jadwal keberangkatan ya.

Setelah membaca artikel di atas, tentunya kini lebih paham hal-hal apa saja yang harus dihindari saat akan berlibur ke luar negeri. Dengan persiapan lebih baik, semoga bisa berlibur dengan tenang dan menyenangkan. Selamat berlibur!