Idul Adha, 1.415 Ekor Ternak Dikurbankan di Bulukumba

oleh
Ils.

*Bupati dan Wakil Bupati Berkurban Masing-Masing 1 Ekor Sapi

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba mencatat sebanyak 1.415 ternak yang akan dikurbankan pada perayaan Idul Adha tahun ini.

Ils.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kemenag Bulukumba, Muh Yunus menuturkan jika perayaan Idul Adha ini Bulukumba akan mengkurbankan 1.415, yang terdiri dari Sapi 1.243 ekor, Kerbau 1 dan 163 ekor kambing. Jumlah tersebut merupakan laporan dari Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan yang mendata jumlah ternak akan dikurbankan di setiap mesjid, kelompok dan pribadi masyarakat.

Untuk ternaknya sendiri, Muh Yunus mengaku telah lolos pemeriksaan kesehatan, yang dijamin aman untuk dikonsumsi masyarakat Bulukumba dalam menyambut hari idul kurban yang Insya Allah akan dilaksanakan serentak
pada hari Jumat, 1 September mendatang.

“Ini datanya dari KUA masing-masing, berdasarkan laporan masyarakat yang akan berkurban,” ujar Muh Yunus. Rabu (30/8/17).

Sementara itu Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bulukumba, Muh Nur mengaku jika di Idul Adha ini, Bupati dan Wakil Bupati akan turut berkurban masing-masing 1 ekor sapi yang akan diserahkan usai pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan Pemuda

“Penyerahanya nanti setelah shalat Id, ternaknya pak bupati dipotong di
rujab, sedangkan pak Wakil Bupati di kampung halamanyannya di Ballasaraja (kediamanya),” kata Muh Nur.