banner pemkot makassar 2024
iklan PDAM Pemkot Makassar

IKD Siap Gantikan 50 Juta e-KTP Fisik Hingga Akhir Tahun 2023

waktu baca 2 menit
Kominfo Rencanakan Revolusi e-KTP Menjadi Identitas Kependudukan Digital (IKD). (Foto:dok_suaralidik)

Permendagri 72/2022 Tetapkan KTP Digital dalam Program Satu Data Nasional

JAKARTA, SUARALIDIK – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah merencanakan perubahan monumental dengan mengganti e-KTP fisik menjadi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh suaralidik dari berbagai sumber, Minggu, 10 Desember 2023, rencananya hingga akhir tahun 2023, IKD akan menggantikan 50 juta e-KTP fisik, memungkinkan masyarakat menyimpan identitas mereka dalam bentuk digital di ponsel pribadi.

Melalui akun Instagram resmi, Kominfo menyampaikan, “IKD ini akan menggantikan e-KTP. Sesuai namanya, nantinya kartu identitas kita akan berubah menjadi bentuk digital seutuhnya.”

Kominfo juga menekankan kelebihan penggunaan IKD, termasuk penghematan pembiayaan, pencegahan pemalsuan dan penyalahgunaan data, proses pembuatan yang lebih cepat, serta kemudahan akses melalui smartphone.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) di Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan target ambisius, yaitu 25 persen dari total populasi Indonesia atau sekitar 50 juta orang yang akan memiliki IKD sejak awal tahun 2023.

Data per 2 Mei 2023, mencatat bahwa 2,29 juta orang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi IKD di telepon genggam Android mereka.

Penerapan KTP digital atau IKD ini sejalan dengan Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 yang bertujuan merealisasikan program Satu Data Nasional atau single identity number.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

perhapmi
perhapmi