Ikuti Pelatihan Assesment Bencana, PMI Sulsel Kirim 4 Sukarelawan ke Papua

oleh
PMI Sulsel ke papua
Pelatihan Assessment Tanggap Darurat Bencana PMI Regional 6 di Hotel Aston Jayapura

Jayapura,suaralidik.com – Pelatihan Assessment Tanggap Darurat Bencana PMI Regional 6 dilaksanakan selama Tujuh hari (02 -10  April 2018) yang dipusatkan di Hotel Aston Jayapura provinsi Papua. Sebanyak 24 Peserta perwakilan Sukarelawan PMI dari 6 Provinsi Regional 6 mengikuti Pelatihan Assesment Tanggap Darurat Regional PMI ini antara lain, Papua, Papua barat, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi selatan dan Sulawesi barat.

Untuk Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan mengirim 4 (Empat) orang sukarelawan masing masing Risman ruslan, Syaifullah, Arfandi dan Aryo Sandi. Mereka berasal dari Kota Makassar, Pangkep, Luwu dan Pinrang.Sebelumnya  mereka di nyatakan lulus dari hasil seleksi PMI pusat.

Menurut Pengurus PMI pusat bidang penanggulangan bencana H. Soemarsono, Pelatihan Assessment ini ini bertujuan tersedianya Personil PMI yang terlatih untuk Bidang Assessment, Tersedianya data SDM yang siap di mobilisasi dan adanya sinkronisasi antara Pelatihan PMI dengan sistem Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana.

Menurut pengurus  PMI Provinsi Papua  bidang penanggulangan bencana,  Ratna Fakhiri yang sekaligus membuka Acara Pelatihan mengatakan PMI dalam meningkatkan kesiapsiagaan dalam upaya merespon bencana yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia secara cepat dengan memperkuat sumberdaya yang di miliki secara efektif serta untuk meminimalkan dampak dan kerentanan anggota masyarakat lokal dengan menggunakan sebanyak mungkin sumberdaya lokal.

” Saya mengapresiasi PMI Pusat yang telah memberi kepercayaan kepada PMI Papua untuk menjadi tuan rumah pelatihan Assesment regional 6, Papua adalah daerah dengan banyak kearifan lokal, semoga yang ikut pelatihan kedepannya bisa bermamfaat di PMI khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan Pelatihan Assessment ini juga di ikuti oleh peserta Disabilitas dari persatuan Disabilitas  Provinsi  Papua.  Untuk Fasilitator PMI Pusat mengutus

5 orang. Dalam Pelatihan yang akan berlangsung selain teori juga akan dilakukan Simulasi Assessment di hari terakhir.

Citizen Reporter : Syaiful Sukarelawan PMI Sulsel Dari Jayapura.


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama