Ilyas, Korban Gempa dan Tsunami Palu, Begini Kisahnya !

oleh
Photo : Ilyas dan Keluarganya salah satu korban gempa dan tsunami di Palu. Sekarang mereka sudah kembali di daerah asal, Sinjai, Sulsel

Sinjai, Suaralidik.com – Salah satu korban gempa tsunami di sulawesi tengah yang selamat bersama keluarganya telah berkumpul kembali bersama orang tuanya di kabupaten sinjai sulawesi selatan tepatnya di Desa Saotanre kecamatan Sinjai tengah adalah Ilyas (36).

Ayah dua orang anak yang berdomisili di jalan jalur gaza perumahan citra banua nagaya 2 blok i  No. 15 kelurahan Kabonena kecamatan Ulu jadi kota Palu.

Ilyas menceritakan kisahnya kepada awak media yang menjumpainya, kamis (18/10/2018)  bahwa sebelum kejadian dia  datang ke lokasi kegiatan perayaan Hari jadi kota Palu untuk  menjajakan dagangannya sebagai penjual somai keliling.

Sekitar pukul 17.00 Wita sampai pukul 18.00 wita terjadi guncangan keras dan Ilyas  segera meninggalkan lokasi tersebut dengan mengendarai motornya sekencang-kencangnya menuju rumah dan mencari istri serta anak anak.

“Sesampainya di rumah saya langsung membawa lari istri dan anak anakku tuk segera mengungsi ke atas gunung. Di atas gunung kami melihat ribuan warga yang sudah berada di gunung tersebut,”beber Ilyas mengenang.

Ringkas cerita, Ilyas  dan para warga lainnya di hari ke tiga memutuskan turun gunung untuk melihat situasi di bawah sana sekaligus megecek kondisi rumah mereka.

Setelah turun, didapati rumah mereka rusak parah.  Tak ada yang bisa diselamatkan. Sudah begitu, Ilyas fan rekannya kembali ke gunung.

Lalu di hari ke-5 bantuan pun datang yang harus diambil di kelurahan. Bantuan logistik itu berupa Beras 3 kg, supermi 5 bungkus, air gelas 5 buah. “Itu untuk 1 KK,”kata Ilyas.

Pria  beranak 2 itu mengambil hikmah kejadian itu  bahwa apa yanh menimpa itu semua adalah cobaan dan teguran dari Allah SWT.

Dia dan keluarganya mengucapkan  banyak terimah kasih kepada Pemerintah kabupaten sinjai serta dari Dinas Sosial kabupaten sinjai yang telah menfasilitasi pemulangan sekeluarga.(***A.Basri)