Indra Yasin : Aparat Desa Harus Punya Kelebihan Agar Mampu Menggali Potensi Desa

oleh -27 views

Bupati Gorontalo Utara Dr Hi Indra Yasin MH saat memberikan sambutan,(foto humas).

Dengan Membaca, mampu tingkatkan pengetahuan dan menggali potensi di desa//Sub

Gorontalo, Suaralidik.com – Guna meningkatkan minat dan baca bagi aparat Pemerintah Desa se-Kabupaten Gorontalo Utara (Korut), provinsi Gorontalo, Pemerintah daerah Gorut melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (PMD) menggelar acara Sosialisasi Perpustakaan.

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Gorontalo Utara Dr Hi Indra Yasin MH dan didampingi Kepala Dinas Perpustakaan, Dinas PMD serta menghadirkan Seluruh Jajaran Aparat kepala desa se-Gorut. Bertempat di Ballroom Cafe Tik Tok Desa Titidu Kecamatan Kwandang, Jumat 23/112018.

Dalam sambutannya, Bupati Indra Yasin menyampaikan pentingnya kegiatan Sosialisasi ini untuk diikuti oleh seluruh aparat Kepala desa se-Gorut guna meningkatkan Pengetahuan dan Kapasitas pengelolaan Potensi dimasing-masing Desa.

“Desa tidak boleh tertinggal. Anak-anak bisa pintar karena Belajar dan membaca buku. Begitu pula dengan aparat kepala desa. Agar tidak tertinggal, maka rajinlah membaca. Manfaatkan fasilitas Perpustakaan yang ada di Setiap Kantor desa,”tutur Indra Yasin.

Menurut Orang nomor 1 di Gorut ini, selain menambah pengetahuan setiap aparat desa, membaca juga bisa dimanfaatkan untuk menggali potensi yang ada di setiap desa, baik dari bidang Pertanian, perikanan, ekonomi, pembudidayaan serta peningkatan Keterampilan lainnya yang berpengaruh pada meningkatkan Penghasilan masyarakat di desa.

“Contohnya, pembudidayaan Ikan. Dengan membaca buku terkait dengan Pembudidayaan ikan, maka kita akan tahu cara pembudidayaan ikan sesuai jenis-jenis ikan, luasan tambak, pakan ikan, kedalamannya dan lain sebagainya. Dengan demikian hasil yang diperoleh pun berdampak positif bagi penghasilan masyarakat pembudidaya ikan. Begitu juga dengan petani, peternak, dan para pelaku usaha kecil yang ada di desa bisa memanfaatkan Perpustakaan dan membaca buku yang berkaitan dengan pembudidayaan”,jelas Bupati Indra.

Bupati berharap dengan kegiatan Sosialisasi ini, seluruh aparat kepala desa dapat mensosialisasikan kembali program perpustakaan dan minat membaca buku hingga ke tingkat Dusun dan masyarakat di wilayah desa masing-masing agar dampak yang disasar mampu meningkatkan Pendapatan masyarakat secara efektif.(***TR/03).