Indra Yasin : Kampung KB Harus Menjadi Miniatur Atau Potret Sebuah Desa

oleh

Bupati Indra Yasin saat membiarkan sambutan pada Pencanangan Kampung KB Desa Bulango Raya,(foto Humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (gorut) Provinsi Gorontalo, diantaranya melalui Program Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Saat ini pemda Gorut telah mengelar Pencanangan Kampung KB dibeberapa Desa ditiap Kecamatan se-Kabupaten Gorut Tahun 2018. Hari ini program pencanangan dilaksanakan di Desa Bulango Raya, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorut, Jumat 16/11/2018.

Dari hasil laporan yang dipaparkan kepala Desa Bulango Raya, tercatat kurang lebih dari 100 orang sudah memasuki usia produktif.

Bupati Gorut Indra Yasin pada sambutan meminta seluruh instansi terkait, agar kampung KB ini dibina dan diadvokasi dengan sebaik-baiknya.

Bukan sekedar mengejar terbentuknya kampung KB semata, namun yang lebih penting dan strategis adalah bagaimana menjadikan kampung KB tersebut sebagai miniatur atau potret dari sebuah desa.

Didalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan kependudukan KB dan pembangunan keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan.

Sehingganya bupati meminta agar program lainnya dapat dimasukkan pada program bantuan pemda Gorut.

“Saya minta agar Kelompok Kerja (pokja) yang baru saja dikukuhkan mendata janda dan duda untuk dimasukkan pada program bantuan pemda kedepan. Selain itu juga mendata siswa-siswi yang ada di Desa Bulango Raya yang tidak lagi melanjutkan pendidikan, mengingat pendidikan sangatlah penting, oleh sebab itu, Pokja harus memiliki data anak siswa yang putus sekolah,” tegas Bupati.

Indra Yasin berharap agar masyarakat lebih memahami betapa pentingnya mengikuti program KB.

“Masyarakat dulunya akrab dan percaya dengan pemahaman ‘banyak anak, banyak rezeki’, namun sekarang mainset tersebut mulai dirubah. Dua anak cukup, masyarakat sejahtera,” tandas Bupati dua periode.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis PPKB, Kadis Peternakan, dan Unsur Muspida serta masyarakat Desa Bulango Raya,(***TR/03).