banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Ingin Berikan Kontribusi Positif, Ikatan Alumni SMPN 3 Makassar Gelar English Contest

Ketua Panitia English Contest SMPN 3 Makassar, Ratu Noorita, SS, MM, Saat Memberikan Sambutan, Kamis (10/02/2022).

Makassar, SuaraLidik.com – Ikatan Alumni UPT SPF SMPN 3 Makassar menyelenggarakan English Contest yang dilaksanakan di SMPN 3, Jalan Baji Gau No. 11, kota Makassar, Kamis pagi (10/02/2022).

Dalam kegiatan English Contest tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin, pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Dinas Pariwisata Kota Makassar, serta Kepala Sekolah SMPN 3 Makassar, Drs. Kaswadi, M.Pd.

Ketua Panitia Ratu Noorita, SS, MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa, pada hari ini kita mengadakan English Contest, dan English Contest kita adakan dalam 4 lomba, diantaranya English Speech, Story Telling, English Poem dan English Singging.

Ratu Noorita menambahkan, kegiatan English Contest diselenggarakan karena kita sebelumnya di porak-porandakan oleh pandemi Covid-19. Banyak anak-anak kami mengalami penurunan mental dikarenakan mereka tidak pernah ketemu dengan teman-temannya selama kurang lebih dua tahun.

Selain itu, kata Ratu, pasti metode pembelajaran anak-anak berubah dibanding sebelumnya, sehingga kami dari alumni berpikir kami sering ngumpul-ngumpul, kenapa kami tidak membuat dan berkontribusi ke sekolah, agar kita bisa memberikan kontribusi positif terhadap sekolah.

“Maka dari itu, kita melihat dunia milenial “Society Five Zero” era yang tidak pasti, bahkan saking cepatnya era itu, bisa lebih cepat dari kedipan mata, akhirnya kami berpikir bahwa salah satu yang perlu kami bekali dari siswa kami yaitu bahasa inggris,” ujar Ratu Noorita kepada awak Media Suara Lidik.

Menurut Ratu Noorita yang juga merupakan Dosen Manajemen Kampus STIE Amkop Makassar menjelaskan, awalnya kami mengunjungi Wali Kota Makassar, dan beliau mendukung kegiatan kami, karena ini merupakan salah satu program Revolusi Pendidikan Wali Kota Makassar. Lalu kemudian kami mencari tupoksi yang sinergi, karena memang di tema kami adalah hastagnya Sulselmi, maka dari itu kami di suport oleh Dinas Pendidikan kota Makassar, Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Dinas Pariwisata Kota Makassar, Briton English Education, PDAM Kota Makassar, Bank Mandiri, Grab, Bintang Wisata, serta di suport dari Media Harian Fajar, Celebesmedia dan Suara Lidik.

Ratu Noor mengungkapkan bahwa, peserta English Contest ini khusus untuk siswa SMPN 3 Makassar kelas 7, 8 dan 9, dan kami berharap piala bergilir ini tidak hanya stop sampai disini, dan harapan kami suatu saat nanti piala bergilir ini bisa ke sekolah lain.

Dalam even English Contest kali ini, kami mendatangkan 4 siswa istimewa dari Athirah, MTsN dan sekolah yang zonasinya dekat dengan sekolah kami.

Dengan diadakannya English Contest ini, Ratu Noorita berharap agar bisa meningkatkan motivasi belajar siswa kami, bahwa bahasa global itu tidak bisa lagi kita hindari, karena ini akan menjadi persaingan mereka nanti ketika mereka menuju ke jenjang berikutnya.

“Kami berharap, kegiatan English Contest ini tidak berhenti sampai disini, karena ini merupakan piala bergilir dan setiap tahun akan kami selenggarakan. Semoga ini menjadi motivasi seluruh siswa untuk bisa ikut dan berpartisipasi, bukan karena hadiahnya melainkan mempunyai kesadaran bahwa bahasa inggris itu sangat penting,” jelasnya.

“Dalam kompetisi English Contest ini, ada sekitar 118 peserta lomba, dimana Juara Best Of The Best yang akan meraih piala bergilir. Dan Insya Allah kalau pandemi ini sudah berlalu, siswa yang meraih piala bergilir, kami akan kirim ke Belanda selama satu bulan,” pungkas Ratu Noorita.