Ini Agenda Uji Coba Senjata Paskhas TNI AU di Bulukumba

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Pelaksananaan ujicoba perdana senjata baru oleh Pasukan Khas (Paskhas) Komando Operasi Angkatan Udara II akan dilakukan di perairan Bulukumba, Kamis 13 Juli mendatang. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bonto Bahari yang akan mengerahkan sedikitnya 150 personil TNI AU.

Sejumlah senjata yang akan di uji coba pada latihan Paskhas TNI AU, tiba di Bulukumba. Minggu (9/7/2017)

Informasi terakhir, sedikitnya 16 jenderal akan berkunjung ke Bulukumba untuk menyaksikan langsung penembakan perdana senjata Meriam Oerlikon Skyshield dan Rudal Chiron buatan Korea Selatan ini. Sesuai jadwal, rombongan para Jenderal TNI Angkatan Udara ini akan tiba lapangan Bontobahari Bulukumba hari Rabu 12 Juli sekitar pukul 12.30 wita dengan menggunakan pesawat Hellypad dari Lanud Hasanuddin. Para jenderal tersebut kemudian dijamu makan siang di rumah makan Kampung Nelayan Tanaberu.

Menurut Kasubag Pemberitaan Humas Pemkab Andi Ayatullah, dari 16 jenderal yang akan hadir itu, 15 berasal dari Jakarta tambah Danlanud Sultan Hasanuddin Makassar.

“Yang akan berkunjung sebanyak tujuh jenderal bintang dua dan sembilan jenderal bintang satu” beber Ullah sapaan Andi Ayatullah.

Lebih lanjut, Ullah mengatakan setelah makan siang di Kampung Nelayan, para jenderal ini akan diantar ke Hakuna Matata Resort Tanjung Bira untuk beristirahat dan menginap. Malam itu juga Pemkab bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melaksanakan ramah tamah dengan para jenderal Angkatan Udara ini,sambil menikmati pementasan seni budaya lokal Bulukumba.

Keesokan harinya Kamis 13 Juli usai sarapan pagi, para jenderal AU ini menuju lokasi ujicoba penembakan di PPI Bontobahari menggunakan bus yang diperkirakan tiba di lokasi sekitar pukul 09.00. Sebelum ujicoba senjata dimulai, para jenderal dan undangan lainnya akan mendapatkan penjelasan kegiatan penembakan oleh Komandan Latihan. Setelah kegiatan penembakan senjata selesai, para rombongan jenderal ini bertolak kembali ke Lanud Sultan Hasanuddin Makassar dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Bupati Bulukumba, A.M Sukri Sappewali, mengaku bangga pelaksanaan ujicoba perdana senjata baru angkatan udara tersebut akan dilakukan di Bulukumba, yang tentu akan membawa ketertarikan sendiri bagi masyarakat, serta mendukung TNI dalam memperkuat persenjataan dalam menjaga kestabilan dan keamanan Republik Indonesia.

Sukri meminta kepada aparat pemerintah kecamatan dan desa kelurahan untuk mensosialisasikan rencana uji coba senjata pertahanan tersebut kepada masyarakat, termasuk kepada para nelayan untuk tidak melaut di areal sekitar PPI Bontobahari pada hari pelaksanaan ujicoba. (A3/RED 4)