Ini Harapan Gapoktan di Banyuasin dengan Program Serasi

oleh -39 views
Program Serasi diharapkan genjot peningkatan ekonomi petani

Banyuasin, suaralidik.com – Program Serasi (Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani) menjadi salah satu program sukses dari pemerintah untuk petani. Program Serasi dilaksanakan dalam rangka peningkatan produktivitas dan pendapatan petani.

Ketua Gapoktan Pangan Raya, desa Upang Karya, kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Daryoto, saat ditemui di lokasi, menyambut baik kedatangan awak media ini.

Ia berharap kedepannya dengan adanya program serasi ini bisa menambah penghasilan bagi petani. Apalagi selama ini, sebelum ada program serasi lahan petani sering terkendala oleh air. Dan untuk proses pengerjaannya desa Upang Karya baru tahap kedua dan saat ini sudah mencapai 85%.

“Tentunya kami sebagai petani ini, sangat senang dengan adanya program Serasi, karena sangat membantu terutama bisa menambah penghasilan dan lahan petani bisa dialiri oleh air,” ujar Daryoto, Selasa (05/11/2019).

Selain itu juga, dia mengatakan biasanya petani dalam setahun hanya 1 kali panen saja, semoga dengan adanya program serasi ini bisa panen 2 sampai 3 kali, harapnya.

Sebanyak 1210 hektar lahan yang digarap, terdiri dari 23 kelompok tani, Daryoto berambisi program serasi ini akan berhasil di desanya. “Semoga tidak ada kendala”, pungkasnya.(***adi)

Inilah 23 nama-nama kelompok tani :
1. Sumber Urip
2. Bina Tani
3. Tunas Tani
4. Sumber Mulya
5. Tunas Muda
6. Sumber Makmur
7. Bima Tani
8. Tunas Harapan
9. Sumber Jaya
10. Sumber Tani
11. Dewi Sri
12. Barokah
13. Maju Karya
14. Tani Karya
15. Tani Bersama
16. Karya Tani
17. Karya Sejati
18. Usaha Tani Karya
19. Karya Mandiri
20. Bina Warga
21. Karya Bersama
22. Manunggal Jaya
23. Logi Sari.