Ini Kata Bupati Boltim Seputar Temuan BPK Terhadap LKPD

oleh
Sehan salim lanjar
Bupati Bolaang Mongondow Timur, Seham Salim Landjar SH

Boltim, suaralidik.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kurang lebih sebulan ini, sangat fokus di pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2018.

Audit rinci yang dilaksanakan oleh tim Badan Pemerikasa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Utara, telah memasuki tahap akhir.

Penulusuran oleh tim suaralidik.com, ditemukan beberapa temuan BPK atas pengelolaan keuangan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengakibatkan Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Sebagian besar penyebabnya pada perjalanan dinas atau pengelolaan administrasi yang tidak tepat sehingga mengakibatkan beberapa staff dan pimpinan OPD yang terkait harus mengembalikan anggaran yang mereka gunakan.

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sekelas staf saja harus melakukan pengembalian dana kurang lebih 2 sampai 4 jutaan. Sementara kelas pimpinan OPD ada yang harus mengembalikan dana puluhan juta.

Penulusuran media ini pada Selasa (15/5/2018), sekretaris daerah (sekda) Boltim, Muhammad Assagaf, kepala Badan Keuangan Oskar Manoppo, serta kepala Inspektorat Meyke Mamahit, di ketahui mengadakan rapat tertutup, diindikasi untuk membahas persoalan TGR yang jumlahnya tidak sedikit sampai-sampai mencapai Milyaran rupiah.

Terinformasi, OPD yang harus menyelesaikan administrasi pertanggungjawaban keuangannya diantaranya, Dinas pendidikan yang beehubungan beasiswa, Dinas Pekerjaan Umum terkait pekerjaan fisik, Dinas Parawisata terkait perjalanan dinas dan DPRD Boltim juga terkait perjalanan dinas.

Tapi Bupati Boltim Sehan S Landjar, SH, ketika dikonfirmasi merasa yakin dan masih optimis dengan LKPD Boltim pasca audit rinci BPK, akan mendapat hasil yang positif. Menurut Sehan seluruh OPD telah berusaha se maksimal mungkin untuk melakukan perbaikan administrasi, serta mengkonfirmasi upaya pengembalian TGR jika terdapat temuan.

“Saya akui kalau saya juga sedikit khawatir sebab pihak BPK langsung menghadap kesaya guna memberi laporan sehubungan pertanggungjawaban keuangan seluruh OPD. Saya juga sudah ingatkan ke Sekda bahwa selama audit BPK di Boltim baru kali ini mereka (auditor) menghadap saya langsung dan melaporkan tahapan pemeriksaan yang sedang jalan,” kata Sehan, bupati dua priode ini.

Sehan menegaskan kalau dirinya masih sangat optimis kalau hasil audit tahun ini masih positif.

“Harapan kita bersama memang adalah mendapat predikat WTP kembali. Karena Boltim sudah Empat kali berturut-turut, tentu standar pemeriksaan pasti lebih ketat. Insha Allah kita bisa raih WTP kelima,” tutp Sehan S Landjar, yang juga Ketua DPW PAN Sulut. (***abrm-bob)

Abdul Nazaruddin

Rujadi

Mohamad Hidayat Panigoro

Andi Edy Manaf

H.Askar

Harris Pratama