Ini Kriteria Lomba Monuntul 2018 di Kota Kotamobagu

oleh
lomba monuntul 2018 di Kota Kotamobagu
Rapat pelaksanaan lomba monuntul 2018 di Kota Kotamobagu, Sabtu (9/6/2018)

Kotamonagu, Suaralidik.com – Pemerintah kota Kotamobagu menetapkan beberapa kriteria jelang pelaksanaan lomba monuntul 2018 ini. Saat rapat bersama dengan tim juri, Rabu (6/6), panitia menerangkan hal-hal unsur penilaian.

Diantaranya, partisipasi dan antusiasme dari masyarakat, akan memjadi bobot penilaian terbesar, dari tiga kategori dalam lomba monuntul tahun ini. Bobot partisipasi dan antusiasme mendapatkan 40% dari total penilaian, kreasi lampu hias dan botol (tuntul)  25 % dan keserasian/kreativitas dalam penataan lampu botol mendapat bagian 35%.

“Kami ingin tradisi monuntul ini terus dilestarikan masyarakat Kotamobagu jelang Idul Fitri. Untuk itu partisipasi masyarakat menjadi penilaian tertinggi. Setelah itu keserasian dan kreasi lampu,” Ungkap Kabag Kesos Adin Mantali.

Ditambakan lagi “Untuk penilaian, disepakati dilaksanakan selama Tiga hari. Dalam penataan lampu botol, tidak dibenarkan menggunakan badan jalan. Jika melanggar, peserta akan didiskualifikasi.

Sekedar diketahui, lomba Monuntul ini dilaksanakan dari tanggal 11 sampai dengan 13 Juni mendatang. Untuk hadiahnya total Rp37,5 juta, dengan perincian juara I sebesar Rp15 juta, juara II Rp10 juta,  juara III Rp7,5 juta rupiah dan juara harapan I Rp5 juta.

Terpisah, dari pantauwan awak media kami, sejumlah masyarakat dan pemuda Desa pontodon timur, tampak antusias menyambut lomba monuntul ini. para pemuda mulai menggelar rapat dan mengumpulkan lampu botol untuk persiapan dipasang pada lomba nanti. (***jul)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

Andi Edy Manaf

H.Askar

Harris Pratama