Ini Manfaat Makan Sahur Bagi Penderita Diabetes

oleh

SUARALIDIK.COM – Umat Islam kembali menjalankan ibadah puasa bulan suci Ramadhan, Banyak hal yang harus disiapkan agar puasa berjalan lancar tanpa halangan. Salah satunya adalah sahur. Dari sisi kesehatan, ternyata sahur sangat penting.

Namun Banyak yang merasakan malas bangun untuk makan sahur. Mulai sekarang jika Anda salah satunya yang merasakannya, segera ubah karena ternyata makan sahur itu menyimpan rahasia kesehatan.

Menurut dr. Nina Amelia Gunawan dari laman Meetdoctor menjelaskan, sahur sebelum menjalankan ibadah puasa akan membantu kita mempersiapkan cadangan kalori yang diperlukan, untuk beraktivitas saat berpuasa
.
Asupan makanan saat puasa harus tercukupi, agar tubuh tetap fit hingga waktu berbuka,” ujarnya.

Makan sahur, juga bisa mencegah beberapa gangguan kesehatan, khususnya untuk penderita diabetes.

Diabetisi (penderita diabetes) terancam mengalami hipoglikemi saat puasa, maka sahur bisa membantunya mengurangi risiko itu,” tambahnya

Menu makan yang dianjurkan selama sahur tentunya harus memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna.

Yang meliputi kecukupan akan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, mineral, dan cairan. Selain itu, hal yang juga penting adalah menghindari makanan yang dapat memicu peningkatan asam lambung seperti makanan bercitarasa asam, pedas, serta mengandung kafein.”

Editor : Adhe