Inilah Hasil Lengkap KPU Pemilu 2019 Sulsel, Klan SYL, NA, NH, Agus AN, Muzakkar, DP, Politisi Tenar ‘Out’

oleh -

MAKASSAR, suaralidik.com – Hasil lengkap KPU Pemilu 2019 Sulsel, klan SYL, NA, NH, Agus AN, Muzakkar, DP, dan politisi tenar ‘out’ alias tersingkir.

Sejumlah klan besar maupun politisi tenar yang selama ini ‘menguasai’ Sulawesi Selatan (Sulsel) dipastikan tersingkir berdasarkan hasil lengkap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Klan yang tersingkir tersebut di antaranya keluarga Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA), mantan Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL), dan mantan Wakil Gubernur Agus Arifin Numang (Agus AN).

Selain itu, klan Ketua DPD I Golkar Sulsel Nurdin Halid (NH), keluarga Abdul Kahar Muzakkar atau Abdul Qahhar Mudzakkar, hingga mantan Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Sejumlah politisi tenar bernasib sama seperti Moh Roem (Ketua DPRD Sulsel) Akbar Faizal (Nasdem), Luthfi A Mutty (Nasdem), Bahrum Daido (Demokrat), Syamsul Bachri (Golkar), dan lainnya.

Beberapa klan maupun politisi tenar di Sulsel tersebut disingkirkan mantan kepala daerah hingga anak, istri, suami, serta kerabat sejumlah bupati.

Sebelumnya, KPU Sulsel sudah menetapkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi di Hotel Harper, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sabtu (18/05/2019).

Dilanjutkan, pengesahan rekapitulasi suara tingkat nasional untuk Provinsi Sulsel oleh KPU RI di Jakarta, Minggu (19/05/2019).

Berikut hasil lengkap KPU Pemilu 2019 Sulsel, klan SYL, NA, NH, Agus AN, Muzakkar, DP, dan politisi tenar ‘out’ alias tersingkir.

1. Klan SYL

Syahrul Yasin Limpo (SYL) (HANDOVER)
Hasil lengkap KPU Pemilu 2019 Sulsel, klan SYL, NA, NH, Agus AN, Muzakkar, DP, dan politisi tenar ‘out’ alias tersingkir.

Mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) dipastikan tersingkir dalam perebutan kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Pemilu 2019 di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel II.

Selain SYL, besannya Lutfi Halide yang bertarung di dapil yang sama juga ‘out’. Keduanya kalah bersaing dengan istri Bupati Barru Suardi Saleh, Hasnah Syam.

Putri SYL, Indira Chunda Thita Syahrul Putri, juga tersingkir dalam perebutan kursi Senayan di Dapil Sulsel I. Kakak Syahrul, Tenri Olle Yasin Limpo juga tersingkir di Dapil Sulsel I.

Menantu SYL, Riska Mulfiati Lutfi, juga tak terpilih sebagai anggota DPRD Sulsel melalui Dapil Sulsel I Makassar A.

Hampir semua klan SYL maju di Pemilihan Legislatif atau Pileg 2019 melalui Partai Nasdem.

2. Klan NA

Sejumlah kerabat dekat Gubernur Sulsel saat ini Nurdin Abdullah (NA) tak terpilih sebagai legislator pada Pemilihan Legislatif (Pileg) atau Pemilu 2019 di daerah ini.

Salah satunya putra NA yakni Muhammad Fathul Fauzi Nurdin Abdullah yang gagal duduk sebagai legislator DPRD Sulsel.

Meski meraih suara pribadi cukup tinggi sebanyak 16.843 di Dapil IV DPRD Sulsel, caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI), ini tetap tak terpilih. PSI hanya mendapatkan total akumulasi 20.049 suara.

Kursi terakhir diambil Partai Amanat Nasional (PAN) dengan akumulasi suara 24.586. Saudara kandung NA yakni Andi Rilman Abdullah, caleg DPRD Sulsel di dapil Sulsel IV juga tersingkir.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah,
Pria yang akrab disapa Karaeng Rilman itu sebelumnya merupakan Anggota DPRD Bantaeng dari Partai Nasdem. Malah, Rilman hanya meraup 972 suara di Kabupaten Bantaeng.

3. Klan NH

Kerabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulsel AM Nurdin Halid (NH) yang maju maccaleg pada Pileg 2019 juga ramai-ramai tersingkir.

Mayoritas maju Pileg atau Pemilu 2019 melalui Partai Golkar. Satu-satunya yang terpilih yakni putra NH, Andi Nurhaldin (Golkar), sebagai legislator DPRD Makassar melalui Dapil IV Makassar.

Putra NH lainnya, Muhammad Zunnun (Golkar), yang merupakan petahana DPRD Sulsel tak terpilih kembali di Dapil VII Sulsel (Bone).

Zunnun tersingkir dari perebutan kursi terakhir dengan legislator petahana Partai Demokrat Syahrir.

Dua adik NH, A Kadir Halid (Golkar) dan Abdul Waris Halid (Golkar), juga tak terpilih.

Kadir tersingkir sebagai legislator petahana DPRD Sulsel dari Dapil I Makassar A.

Nasib serupa dengan Waris yang juga ‘out’ di Dapil Sulsel V Sinjai dan Bulukumba.

Tiga adik NH lainnya dan satu keponakan juga tersingkir. Mereka Andi Muhammad Aras Halid, Rahman Halid, dan Nusyam Halid.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulsel Nurdin Halid (NH). (handover)
Aras maccaleg melalui Partai Golkar, Dapil III Makassar. Rahman Halid caleg PKB Dapil Sulsel 1 untuk kursi DPR RI.

Sedangkan, Nursyam caleg DPR RI dari Partai Golkar di Dapil Sulsel II.

Sementara keponakan NH yakni Andi Wulandari kalah bersaing untuk kursi DPRD Makassar di Dapil I Makassar.

4. Klan Agus AN

Bernasib sama dengan SYL, mantan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang juga tak terpilih sebagai legislator DPR RI dari Partai Gerindra melalui Dapil Sulsel III.

Dia kalah suara dari pesaing di internal partainya Latinro Latunrung yang merupakan mantan Ketua DPD I Gerindra Sulsel sekaligus mantan Bupati Enrekang dua periode.

Anak Agus AN yang maju sebagai caleg DPRD Makassar di Dapil III Makassar juga tak terpilih.

Menantu Agus AN yakni Mirza Riogi juga tak terpilih lagi sebagai legislator DPRD Sulsel.

Caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini kalah bersaing dengan Rahmat Muhayyang di Dapil VI Sulsel Kabupaten Maros, Barru, Parepare.

5. Klan Abdul Kahar Muzakkar

Dua putra almarhum Abdul Kahar Muzakkar juga tak terpilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Mereka yakni Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar yang maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) di Dapil Sulsel II.

Di internal partainya, mantan senator DPD RI sekaligus mantan calon Wakil Gubernur Sulsel tersebut kalah suara dari Andi Yuliani Paris.

Saudara Aziz, Buhari Kahar Muzakkar juga tak terpilih ke Senayan melalui PAN di Dapil Sulsel III. Buhari kalah suara dari putra Bupati Enrekang Muslimin Bando, Mitra Fachruddin MB.

Ipar Buhari dan Aziz yakni Andi Tenri Karta juga tak terpilih untuk kursi DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Sulsel III.

Tenri merupakan istri dari mantan Bupati Luwu dua periode sekaligus mantan calon Wakil Gubernur Sulsel Andi Muzakkar.

6. Keluarga Danny Pomanto

Istri dan anak mantan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto tak terpilih sebagai legislator DPR RI.

Istri Danny Pomanto yakni Indira Jusuf Ismail tersingkir untuk kursi DPR RI di Dapil Sulsel I melalui Partai Perindo.

Nasib serupa dengan putri Danny Pomanto yakni Aura Imandara yang juga tersingkir dari persaingan di Dapil I Sulsel melalui Partai Nasdem.

7. Politisi Tenar Sulsel

Sejumlah politisi tenar lainnya di Sulsel juga tersingkir pada Pemilu atau Pileg 2019 ini. Beberapa nama merupakan petahana DPR RI maupun DPRD Sulsel.

Misalnya legislator petahana Nasdem Akbar Faizal dan Luthfi A Mutty. Akbar merupakan elite DPP Nasdem berlabel tokoh nasional dan kerap wara-wiri disejumlah stasiun televisi nasional.

Lutfi A Mutty merupakan mantan Bupati Luwu Utara (Lutra) dan mantan Staf Khusus Wakil Presiden RI Budiono.

Nama lainnya yakni Moh Roem yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel.

Politisi Golkar yang juga mantan Bupati Sinjai itu kalah bersaing dengan empat nama calon anggota DPD RI terpilih.(Fajar Udin)