banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Inovasi, BKPRMI Ujung Bulu Bahas Pengelolaan Sampah

BKPRMI Bulukumba - Ujung Bulu - Caile 2022

Bulukumba, suaralidik.com – Lembaga Pengembangan dan Penguatan Kesehatan Masyarakat Dewan Pengurus Kelurahan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPKM DPKel BKPRMI) Caile Kec. Ujung Bulu Kab. Bulukumba lahirkan inovasi baru dalam hal kesehatan masyarakat.

Inovasi tersebut juga sebagai upaya mendukung perhatian Bupati Bulukumba dan wakilnya pada persoalan pelestarian lingkungan bebas sampah.

Ketua DPK BKPRMI Ujung Bulu Andi Iqbal dalam sambutannya saat mengikuti rapat bersama DPKel BKPRMI Caile mengapresiasi langkah maju yang dilakukan oleh DPKel Caile.

Ia mengatakan, menjadi hal baru bagi kami jika Bkprmi terjun kesitu yang mau peduli sampah, kan sebenarnya ada komunitas atau lembaga lain yang menangani itu.

Namun menurut Andi Iqbal, tidak ada masalah jika melibatkan para pembina atau orang tua/wali santri TKA/TPA khususnya dalam wilayah kelurahan Caile.

Diketahui TKA TPA di Kel. Caile paling banyak di kec. Ujung Bulu sebanyak 19 unit.

“Nah, ini bisa digerakkan melalui pembina TPA/TPQ, kita sosialisasikan secara massif, eh tabe kalau ada sampah plastik ta, ada sampah botol, sampah kertas dipisahkan dengan sampah basah,” jelas Andi Iqbal sembari memperagakan.

“Secara tidak langsung itu sangat sangat berpengaruh dalam hal kesehatan lingkungan dan masyarakat, sisa bagaimana ini ditindaklanjuti secara serius oleh teman-teman disini (DPKel Caile),” harapnya pada Senin, 27 Juni 2022 malam di sekretariat DPKel BKPRMI Caile.

Sejalan dengan itu, mewakili supervisor LPPKM DPKel Caile Andi Fadhali Putria menambahkan, sosialisasi persampahan bisa kita lakukan kepada masyarakat khususnya para pembina TKA/TPA.

“Ini tujuannya, agar masyarakat dapat meningkatkan partisipasi serta kepedulian dalam mengelola sampah,” pungkas Andi Lili sapaan akrab Andi Fadhali Putria, SKM.

Lebih lanjut, Sekretaris umum DPKel Caile Awal Fajri, ketika sosialisasi nanti ini dilakukan bisa kooperatifkan dengan sejumlah lembaga otonom Bkprmi Caile.

“Sekali bergerak, kegiatan LPPTKA (lembaga pengembangan pendidikan al Qur’an) misalnya, LPPKM bisa ikut, LBHA bisa ikut dan lembaga atau seksi lainnya bisa ikut melakukan sosialisasi,” uraian Awal.

Kesempatan tersebut, Awal mengatakan belakangan ini volume sampah pada sejumlah titik mengalami peningkatan, sementara sarana dan prasarana yang dimilik sangat terbatas.

Ia meminta kepada dinas terkait, agar secara bertahap bisa dilakukan pengadaan bak sampah khususnya sampah basah dan kering.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, pengurus BKPRMI Peduli Kec. Ujung Bulu.