Insiden Penganiyaan Terhadap Aktivis di Gorontalo, Rustam Akili : Usut Tuntas

oleh -1.547 views
Aktivis
Foto : Rustam Akili bersama beberapa aktivis Kabupaten Gorontalo saat menjenguk Rahmat Mamonto di RSUD MM. Dunda Limboto, Rabu (04/12),(foto Thoger/Suaralidik.com).

LIMBOTO, Suaralidik.com – Insiden penganiyaan dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK) terhadap salah satu Aktivis Gorontalo, Rahmat Mamonto mendapat kecaman dari senior aktivis anti korupsi Rustam Akili.

Rustam Akili mendesak penegak hukum (Kepolisian) mengusut tuntas kasus tersebut, agar premanisme seperti ini tidak akan tumbuh dan berkembang di bumi serambi madinah.

“Saya selaku aktivis mengutuk keras aksi premanisme seperti ini. Kasus ini akan kita kawal. Kalau memang ada aktor dibalik insiden ini siapapun orangnya kita akan lawan sama-sama. Tapi jika anda takut, saya akan lawan sendiri,” tegas Rustam kepada awak media usai menjenguk Rahmat Mamonto di RSUD MM. Dunda Limboto, Rabu 04/12/2019.

“Biarlah semua proses hukum yang akan dijalankan. Akan tetapi sebagai Mantan Aktivis saya mengharapkan, premanisme seperti ini tidak boleh dibiarkan tumbuh dan berkembang di daerah ini,” sambung Rustam.
Pria yang sering disapa RA mengaku, menerima informasi bahwa buntut dari berita media ada pemukulan terhadap aktivis. Menurutnya hal ini sangat keliru, karena hanya gegara berita harus berimbas kepada orang lain.

“Sehingganya saya sering berpesan kepada para aktivis untuk tidak perlu takut. Tetapi saya meminta membuat berita jangan tendensius, harus dikroscek dan check and balance (memeriksa dan menyeimbangkan),” imbuh RA.

“Ini adalah pelajaran berharga, apalagi jika masih ada dendam. Saya ini mantan ketua DPR, dan setiap hari dihujat. Tapi saya ajak mereka untuk diskusi, semua bisa berjalan dengan baik,” lanjut RA.

Dirinya menegaskan siap membela para jurnalis dan aktifitas jika menyuarakan kebenaran.

“Saya mengajak Bupati, SKPD dan DPR untuk selalu berdialog dengan rakyat. Jika sedikit dikritik marah, maka mudur dong jadi pejabat,” tegas RA.(Rollink).