Irup Hari Pahlawan, Bupati Boltim; Indonesia Butuh Pemuda Yang Berdedikasi dan Berprestasi

oleh
Bupati Boltim, Sehan S Landjar saat jadi Irup hari Pahlawan
Photo : Bupati Boltim, Sehan S Landjar saat jadi Irup hari Pahlawan

Boltim – suaralidik.com,  Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan (Harwan) ke-73 tahun 2018, di lapangan desa Mototompiaan, Kecamatan Mooat, Sabtu (10/11). Upacara dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 dan HUT ke 47 Korps Pegawai Republik Indonesia. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Boltim Sehan Landjar SH.

Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan bahwa peringatan Harwan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara. “Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Bupati.

Bupati mengungkapkan, ‘semangat pahlawan di dadaku’ yang menjadi tema Harwan tahun 2018 mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. “Siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara,” katanya.

Bupati Boltim, Sehan S Landjar pada saat memberi sambutan pada hari pahlawan ke 73 dilapangan desa Mototompiaan,Kecamatan Mooat
Photo : Bupati Boltim, Sehan S Landjar pada saat memberi sambutan pada hari pahlawan ke 73 dilapangan desa Mototompiaan,Kecamatan Mooat

Lebih lanjut Ia menambahkan, saat ini Indonesia membutuhkan pahlawan baru yaitu sosok yang berdedikasi dan berprestasi, pemuda yang punya jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan serta mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. “Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial,” sebut Bupati.

Kepada PNS Bupati berpesan agar menjadikan momentum Harwan sebagai penyemangat dalam melayani masyarakat. PNS harus berjiwa pahlawan dengan menempatkan diri sebagai abdi negara yang memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat, tulus iklas, disiplin dan jujur. “Kita bisa mengambil contoh semangat dan spirit para pahlawan dengan mengaplikasikannya dalam melayani masyarakat secara lebih baik lagi,” tandasnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih pada saat upacara peringatan hari pahlawan ke 73 dilapangan desa Mototompiaan,
Photo : Pengibaran Bendera Merah Putih pada saat upacara peringatan hari pahlawan ke 73 dilapangan desa Mototompiaan,

Turut hadir Ketua DPRD Boltim Drs Marsaoleh Mamonto, Wabup Drs Rusdi Gumalangit, Ketua TP PKK Boltim Ny Nursiwin Dunggio, Wakil Ketua TP PKK Boltim Ny Titiek Susanti Mamonto, Seluruh PNS serta aparat desa se Boltim.(***bob/UP, HUMAS & PROTOKOL)