ISKINDO Gelar Diskusi Di Makassar, FPG Tegaskan Tolak Tambang Pasir Di Galesong

oleh

Suaralidik, – Kegiatan diskusi bertajuk Marine Policy Corner digelar oleh DPW Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Sulawesi Selatan yang menghadirkan para pengurus FPG (Forum Pemerhati Galesong), Walhi, Aliansi Selamatkan Pesisir Makassar serta Mahasiswa pemerhati Lingkungan, di Warkop Phinisita, Jl Hertasning Makassar.Kemarin (28/3/2017).

 

Prof. Aminuddin Salle selaku Ketua Dewan Pembina FPG (Forum Pemerhati Galesong) juga ikut hadir bersama beberapa pengurus lainnya sebagai narasumber yakni Jamaluddin Ago, S.Ag, Husain Krg. Maro, seperti S.Pdi, Israndi Djihad, Sirajuddin,S.Pdi, dan lainnya.

 

Secara tegas Prof. Aminuddin Salle mengatakan bahwa jika tambang pasir laut itu diberikan izin, maka akan berdampak ke Masrakat Galesong dalam banyak asfek. Kemudian Galesong nantinya akan jadi kenangan sejarah pahit dengan adanya penambangan ini.

 

Terkait dengan tambang pasir laut di perairan Galesong, Sekretaris FPG Jamaluddin Ago, S.Ag juga mengatakan bahwa kegitan itu akan mengancam wilayah pesisir Galesong. Saat ini sudah banyak kasus yang dikeluhkan warga Galesong diantaranya abrasi akibat hantaman ombak yang begitu besar setiap musim hujan, apalagi sebagian tanggul pemecah ombak sudah ada yang rusak atau terkikis oleh hantaman ombak, jadi kami harapkan kepada pihak terkait untuk membatalkan penambangan ini di perairan Galesong, ungkapnya.

 

Secara umum FPG meminta kepada pihak pemerintah agar tidak mengorbankan masyarakat demi kepentingan segelintir orang atau individu yang nantinya akan memberi dampak negatif untuk puluhan tahun kedepan.

(ibhe)