Izin Terbit Pencetakan Tambak, Sim Sala Bim Jadi Lokasi Tambang Galian C, Pemkab Takalar Dituding Tutup Mata

oleh -
Inilah lokasi tambang galian C yang disorot di Galesong, Takalar

Takalar, Suaralidik.com – Maraknya tambang galian C yang statusnya Ilegal di Kecamatan Galesong menjadi perhatian banyak pihak, pasalnya Area Galesong tidak masuk sebagai area tambang galian C untuk wilayah Kabupaten Takalar.(23/7)

Seperti yang terjadi di Desa Kalukuang Kecamatan Galesong yang sudah berbulan – bulan melakukan pengerutan pasir dan timbunan yang dapat merusak lingkungan bahkan merusak pertumbuhan tanaman bagi petani.

Tak hanya itu, kembali juga dilakukan tambang galian C Ilegal yang beroperasi di Desa Popo Kecamatan Galesong Selatan, puluhan warga setempat mempertanyakan keberadaan ekskavator yang sudah dua hari ini mengeruk timbunan dan pasir.

“Ini kami heran, perizinan hanya percetakan sawah tapi kenyataannya mengeruk pasir dan timbunan. Setiap hari puluhan armada truk mengangkut dari pagi sampai sore materialnya.”ungkap salah seorang warga yang enggan disebut namanya.

Lanjut dikatakan warga tersebut merupakan tokoh masyarakat, bahwa beberapa hari lalu telah dilaksanakan rapat dikantor desa untuk penolakan penambangan dan semua peserta rapat sepakat menolak aktivitas tambang termasuk Kepala Desa.

“Minggu lalu pernahmi rapat, dan semuanya menolak termasuk BPD dan Kepala Desa. Tapi kenapa beroperasi ji ini. Kami juga minta kepolisian segera bertindak menyikapi tambang liar ini.”tegasnya

Sementara itu, Bostan Tata Kepala Desa Popo saat dikonfirmasi membenarkan keberadaan tambang galian C yang mengatasnamakan cetak tambak.

“Iya benar ada penggalian, saya baru tahu juga saat ada penggalian setelah ada laporan dari warga karena saya pelatihan dimakassar. Ini kami akan laksanakan rapat dan panggil semua tokoh masyarakat. Persoalan ijin sudah saya minta tapi belum dikasi lihat.

Kita telah sepakat menolak tambang galian C Kalau ilegal, harus ditutup, keberadaan tambang galian C dapat membahayakan petani dan warga setempat.”ujarnya

Dari hasil pantauan warga, tambang tersebut beroperasi selain di area persawahan juga tidak jauh dari pemukiman warga dan juga terletak sebuah sekolah TK di samping lokasi tambang Galian C ilegal.(***rey)