Jelang Lebaran, Disperindag Sinjai Sidak di Sejumlah SPBU

oleh -
SPBU Pertamina di Sinjai
Gambar: Petugas dari BSML Makassar melakukan sidak di SPBU Balangnipa

Sinjai, suaralidik.com – Menjelang hari raya idul fitri 1439 H Dinas Perdagangan Perindustrian dan ESDM Sinjai bekerjasama dengan Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional IV Makassar melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah stasiun pengisihan bahan bakar umum (SPBU) yang ada di Sinjai, Rabu (23/5/18).

Sidak terhadap sejumlah SPBU dilakukan dengan cara melakukan uji tera dan ukuran takaran liter pengisihan bahan bakar minyak, seperti solar, pertalite dan premium.

Tidak hanya itu, petugas juga mengecek dan melihat segel uji tera yang berada di dalam mesin pengisihan bahan bakar minyak.

Sekertaris Dinas Perindag dan ESDM Sinjai Abdul Rahman yang memimpin sidak ini mengatakan bahwa uji ukuran takaran liter pengisihan bahan bakar di SPBU ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan oknum SPBU dalam memainkan takaran BBM.

“Kebutuhan masyarakat terhadap BBM kian meningkat jelang lebaran sehingga agar tidak terjadi kecurangan maka beberapa sampel SPBU di Sinjai, kita uji apakah takaran sesuai standar atau tidak,” ujarnya

Beberapa SPBU yang dijadikan sampel uji takaran diantaranya SPBU Mangarabombang, SPBU Biringere, SPBU Litha, SPBU Balangnipa dan SPDN yang ada di Lappa.

Bila dalam Sidak kemudian ditemukan SPBU yang melanggar maka akan langsung dilakukan penindakan sesuai dengan Undang Undang tentang Metrologi Legal, yang menyatakan bagi yang curang dalam praktik perdagangan maka akan dikenakan sanksi pidana. (***AaNd)