Jika Tak Terpilih Ke-3, Begini Ancaman Kades Tawarombadaka 

oleh
Photo : Incumbent Ambo Sakka menebar ancaman saat pidato terkait Pilkades

KOLAKA TIMUR, Suaralidik.Com –  Pidato bernada  ancaman dilontarkan Kepala Desa Tawarombadaka Kec. Tinondo, Kab.Kolaka timur yakni Ambo  Sakka (62).

Sebagai kepala desa incumbent  2 periode maju kembali untuk pemilihan kepala desa ketiga kalinya semenjak terjadinya pemekaran Kabupaten Kolaka menjadi Kolaka Timur dirinya tersorot kamera melakukan pengancaman disaat pemilihan no urut calon.

Saat itu, Ambo melontarkan bahwa Kantor desa tak boleh ditempati jika ia kalah dalam pemilihan kepala desa di tanggal 2 Desember 2018.

Alasan pria gaek itu,  karena lokasi yang dibangun kantor desa itu adalah lokasi miliknya dan belum ada hibah yang dikeluarkannya darinya.

Salah satu masyarakat protes yakni Mp menegaskan kalau ancaman yang dilakukan Incumbent kepala desa sangat keliru dalam perkataannya karena jika hal demikian terjadi maka ini adalah bentuk unsur kejahatan.

Bangunan permanen kantor kepala desa yang dibangun pada tahun 2004 lalu itu menggunakan anggaran dana desa/uang negara bukan uang pribadinya.

Jais (32) sebagai ketua Lembaga lidik pro Koltim mengungkapkan dirinya akan membuat laporan pengaduan di Tipikor jika memang incumbent  kepala desa Tawarombadaka yakni Ambo Sakka kelak melarang berkantor dikantor desa jika dirinya kalah dalam pertarungan.

Salah satu staf kecamatan yakni Nasrul angkat bicara bahwa anggaran pembagunan kantor desa tidak boleh cair jika tidak ada hibah oleh sipemberi.

Dilanjutkan ungkapan jaiz sementara ada tuntutan lainnya yang akan dilaporkan tindakan inkamben bahwa ada beberapa penerbitan sertifikat lewat frona kepala desa menahan sertifikat yang sudah terbit karena masyarakat tersebut adalah lawan politik pemilihan kepala desa.(***anto)