Jokowi dan Nurdin Abdullah Hadiri Puncak Budaya Maritim Pesta Laut Mappanretasi

oleh
Presiden

SuaraLidik.Com, Kalsel – Tradisi yang rutin dilaksanakan oleh nelayan keturunan Bugis di Pagatan atau lebih dikenal sebagai Pesta Laut Budaya Maritim dihadiri langsung Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah yang juga Sekjend APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) di Kab. Tanah Bumbu. Minggu (07/05/2017)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah hadiri puncak acara Budaya Maritim Pesta Laut MappanretasiĀ 

Puncak Acara Pesta Adat Mappanretasi Tahun 2017 ini berlangsung di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada perhelatan acara tersebut, Joko Widodo diberikan Kehormatan Adat oleh lembaga adat setempat, kemudian dilanjutkan dengan prosesi Mandre Esso bersama masyarakat adat, nelayan, petani, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta unsur Pemerintah setempat.

Yang lebih menarik lagi, acara Puncak Pesta Adat Mappanretasi Tahun ini dirangkaikan pula dengan Penangkaran Padi Varietas Unggul Baru oleh Bupati Tanah Bumbu, sekaligus Ketua APKASI, Mardani H. Maming, yang mana upaya penangkaran ini dilakukan Tanah Bumbu sesuai dengan petunjuk staf ahli Bupati Bantaeng Bidang Pertanian, Dr.Muchtar Nawir.

Seperti yang telah diketahui bersama, Kabupaten Bantaeng dibawah kepemimpinan Nurdin Abdullah, telah mengalami kemajuan pembangunan yang sangat pesat, hal ini tentunya menjadi daya tarik bagi banyak kabupaten di Indonesia untuk kemudian melakukan kerjasama dengan Kabupaten Bantaeng, khususnya di bidang pertanian.

Penangkaran padi ini antara lain meliputi varietas Inpari 8, Inpari 32, Inpari 33, Inpari 39, Inpari sidemuk, Sertani-1 Bantaeng, dan Inpago-11

Sumber : Humas Bantaeng
Editor : Adhe