Kabupaten Takalar Raih Predikat Tertinggi Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda

oleh -13 views
Bupati Takalar

Takalar, Suaralidik.com – Kabupaten Takalar berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten/kota sehat dengan kategori Swasta Saba Wistara tahun 2019.

Bupati Takalar H.Syamsari, S.Pt, MM bersama Ketua Forum Kabupaten Sehat Dr. Hj.Irma Andriani, menerima langsung penghargaan yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Penganugerahan Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi kabupaten/kota sehat dari tiga kategori, dua diantaranya yakni swasti saba padapa, dan swasti saba wiwerda.

Penghargaan yang diraih kabupaten Takalar ini, tidak lepas dari intervensi pemerintah daerah kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan terus menjaga kebersihan lingkungan melalui program Gerakan Masyarakat Tangkasa Na Gammara (Gema Tasamara).

Bupati Takalar menyampaikan jika penghargaan ini, merupakan persembahan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Takalar.

“Penghargaan ini kita persembahkan untuk masyarakat karena partisipasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh komponen masyarakat sehingga penghargaan ini bisa diraih.

“Contoh kerjasama yang baik dalam menjaga pasar sehingga menjadi pasar teratur, sehat. Dulu tak ada bank sampah, sekarang Alhamdulillah sudah ada dan ada kesadaran untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,”ucapnya Syamsari

“Demi menjaga agar Kabupaten Takalar terus menjadi kabupaten sehat di Indonesia. Bupati Takalar juga berharap kedepan semua aspek penilaian kabupaten sehat harus di jaga dan menjadi budaya masyarakat takalar.

“ini merupakan penghargaan kedua bagi Kabupaten Takalar menyandang predikat sebagai kabupaten sehat. Sebelumnya, pada tahun 2017 yang lalu, Kabupaten Takalar telah meraih penghargaan kabupaten sehat dengan kategori swasti saba wiwerda.

Selain itu, sebagai penghargaan kabupaten kota sehat merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri dalam memberikan apresiasi terhadap pemda yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019.

Penulis : Rheny