Kader HMI Audiens Ke Polres Bulukumba Terkait Penggerebekan Satres Narkoba di Rumah Kos Ebit Supadi

oleh
Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba, saat audiensi di ruangan Wakalpolres Bulukumba (Kompol Agus Khaerul).

Suaralidik.com_Bulukumba, Aksi Penggrebekan yang dilakukan oleh tim satuan narkoba Polres Bulukumba (Satres Narkoba Polres Bulukumba) pada hari Rabu 26/4/2017 sekitar pukul 16.50 wita di salah satu rumah kos yang dihuni oleh Sekretaris Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba yaitu Ar Ebit Supadi ternyata tidak ditemukan barang bukti (BB).

Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba, saat audiensi di ruangan Wakalpolres Bulukumba (Kompol Agus Khaerul), (Kamis/27/04/2017)

terkait dengan aksi penggerebekan ini, maka pada hari Kamis (27/4/2017) Pengurus HMI Cabang Bulukumba melakukan audiens langsung ke Polres Bulukumba.

Dalam Audiens ini, Kader HMI diterima langsung oleh Kapolres dan wakapolres Bulukumba bersama Kanit Narkoba yang memimpin penggrebekan di rumah kos tersebut.

Kader HMI memprotes aksi penggrebekan tersebut karena dinilai ganjil dan tidak valid info intelejen dari pihak Kepolisian dalam memberikan informasi sehingga Ar Ebit (Sekretaris Umum HMI Cabang Bulukumba) sebagai simbol organisasi HMI merasa tidak nyaman karena publik sudah menilai kader HMI itu ada yang terindikasi menyalah gunakan Narkoba.

Ditempat yang berbeda, Usai Audiens bersama jajaran Polres Bulukumba, Ebit merapat ke kantor Media Center Suara Lidik.

Kami merasa tidak nyaman karena penggrebekan tersebut terlanjur di ketahui publik bahwa kami di grebek dan sudah menjadi asumsi negatif yang pada dasarnya dugaan itu sangat tidak benar“, Ungkap Ebit saat di kantor Suara Lidik Pro.

Lanjut Ebit Mengatakan,”Apa yang menjadi dugaan bahwa kami terindikasi Narkoba itu sudah terbantahkan karena tidak ditemukannya barang bukti saat pihak kepolisian dalam hal ini satuan narkoba polres bulukumba melakukan penggrebetan di rumah kos kami”,

Ar Ebit Menambahkan, “Kami berharap kedepan sebelum melakukan penggrebekan seharusnya sudah mendalami atau menyelidiki kepastian tentang Target Operasi (TO) dan standar operasi (SOP) karena selain ketidak nyamanan ini juga persoalan nama institusi, apalagi HMI dan pihak Kepolisian senantiasa bersinerji dalam pemberantasan Narkoba dan Kasus-kasus lainnya terkhusus di Kabupaten Bulukumba”, Ebit Tambahnya.

“Kami juga berterimakasih kepada bapak Kapolres Bulukumba (AKBP Kurniawan Efendi) beserta jajarannya yang bersedia menerima kami saat melakukan audensi untuk mendengarkan klarifikasi kami yang merasa tidak nyaman dengan penggrebekan yang terkesan terburu-buru”. Tutup Ar Ebit Supadi Sekekretaris HMI Cabang Bulukumba.

Wakapolres Saat menerima Kader HMI di Ruangan Kantornya Mengatakan, “Tidak ada kader HMI yang menjadi target Operasi (TO), terjadinya Penggrebekan tersebut karena adanya laporan dari masyarakat, dan anggota kami melakukan penggrebekan, karena jika ada laporan dari masyarakat lantas tidak di respon maka nanti pihak kepolisian juga dianggap tidak netral atau tebang pilih, dengan dilakukannya penggrebekan ini sudah menjelaskan kemasyarakat bahwa kader HMI tidak terindikasi memakai narkoba”, Wakapolres Bulukumba saat memberikan jawaban di depan Kader HMI.

Lanjut Wakapolres Bulukumba Menyampaikan “Kami Memohon Maaf jika dalam proses penggrebekan tersebut menimbulkan ketidak nyamanan, dan kami berharap dan meminta adik-adik HMI terus mendukung kerja kepolisian”, Tutup Wakapolres Bulukumba.

Terpisah Kapolres Bulukumba saat di temui oleh Kader HMI di ruangan Anggota Satuan Intel Polres Bulukumba mengatakan, “Sebenarnya saya juga tidak habis fikir kalau adik-adik HMI tiba-tiba di grebek, dan saya tahu paska kejadian, karena kami intens berkomunikasi untuk memberantas narkoba dan kasus-kasus lainnya”, Pungkas, Kapolres Bulukumba.

Kapolres Bulukumba Menambahkan, “Persoalan tidak nyaman, kami mohon maaf, itu wajar saja sebab ada hal teknis memang dalam penggrebekan yang tidak di jalankan oleh anggota, salah satu di antaranya adalah etika, yang pada intinya ini hanya miskomunikasi, muda-mudahan dengan kejadian ini ada hikmahnya, HMI dan kepolisian terkhusus satuan narkoba lebih dekat dan dapat bekerjasama untuk saling menguatkan dalam hal memberantas narkoba terkhusus di Kabupaten Bulukumba”, Jelas Kapolres Bulukumba (AKBP Kurniawan Affandi)(Kamis/27/04/2017).

Reporter: Ilal
Editor : Awal