banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Kadisdik Sulsel Membuka Secara Resmi Lomba Pidato di MAN 2 Makassar

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Drs. Harpansa, MM, Menghadiri Sekaligus Membuka Lomba Pidato, yang dilaksanakan di MAN 2 Kota Makassar, Jalan A.P. Pettarani, Minggu 15 Mei 2022.

Makassar, SuaraLidik.com – Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Provinsi Sulsel pada tahun ini, Departemen Agama (Depag) Kanwil Sulsel dalam hal ini Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Makassar melaksanakan lomba pidato tingkat SMA/MA/SMK se-Sulsel.

Dimana peringatan Hardiknas pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan Hardiknas tahun ini semua stakeholder pendidikan berkolaborasi dan mengambil bagian untuk mensukseskan Hardiknas.

banner 728x250

Dalam pembukaan lomba pidato yang dilaksanakan di MAN 2 Kota Makassar, pihak Departamen Agama (Depag) Kanwil Sulsel mengundang Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel untuk menghadiri sekaligus membuka lomba pidato, yang dilaksanakan di MAN 2 Kota Makassar, Jalan A.P. Pettarani, Minggu (15/05/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Drs. Harpansa, MM dalam sambutannya sekaligus membuka lomba pidato mengatakan bahwa, peringatan Hardiknas yang sejatinya diperingati setiap tanggal 2 Mei, akan tetapi pada tahun ini diundur dikarenakan bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, maka peringatan Hardiknas dilaksanakan tanggal 13 Mei secara nasional, dan kita semua sudah melaksanakan secara serentak upacara di Rujab Gubernur Sulsel.

Lanjut Harpansa menambahkan, peringatan Hardiknas tahun ini sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya, dimana 2 tahun belakangan ini kita tidak melaksanakan peringatan Hardiknas karena masih dalam masa pandemi Covid-19, dan sebelum masa pandemi Covid-19 melanda Sulsel pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, setiap peringatan Hardiknas diperingati sendiri-sendiri.

“Dan alhamdulillah pada tahun ini, peringatan Hardiknas kita secara bersama-sama mulai dari Disdik Sulsel, Kemenag Sulsel, LPMP, BP PAUDNI dan Balai Bahasa saling berkolaborasi dan bersinergi sesuai dengan Tagline Disdik Sulsel Sinergi, Energi dan Resonansi (SER) untuk mengambil bagian satu sama lain dalam mensukseskan peringatan Hardiknas di tahun ini, serta kita bersatu untuk memajukan dan meningkatkan mutu/kualitas pendidikan di Sulsel,” ujar Harpansa dihadapan peserta lomba puisi.

Selain itu, Harpansa yang juga merupakan Ketua Panitia Peringatan Hardiknas Sulsel menjelaskan, khusus di Disdik Sulsel terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya lomba olahraga futsal yang dipusatkan di SMA 21 Makassar dan basket dipusatkan di SMA 11 Makassar. Sedangkan lomba kesenian yang memperlombakan lomba puisi, lomba tari tradisional, lomba paduan suara dan lomba desain komik kanva, yang dipusatkan di SMA 1 Makassar.

Sementara itu, untuk lomba religi sendiri dilaksanakan di SMA 2 Makassar, dan lomba pengetahuan akan dilaksanakan di SMK 8 Makassar. Ada pun kegiatan yang kita laksanakan dalam bentuk pameran khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Ditempat yang sama, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Makassar, Hj. Darmawati, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa, peringatan Hardiknas pada tahun ini sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya, dimana peringatan Hardiknas pada tahun ini dilaksanakan secara serentak dan ditindaklanjuti dengan cara memeriahkan Hardiknas tahun ini dengan berbagai event/lomba, salah satu contoh yaitu lomba pidato.

Lanjut Hj. Darmawati menjelaskan, yang menarik peringatan Hardiknas pada tahun ini, keterlibatan dan kolaborasi dari semua unit yang menyelenggarakan pendidikan di Sulsel.

“Ini saya kira perlu dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan dan lebih masif lagi pelaksanaannya. Karena ternyata keterlibatan semua unsur itu akan menjadikan kekuatan yang sangat luar biasa untuk gerak langkah dunia pendidikan yang ada di Sulsel,” harap Hj. Darmawati.

Untuk peserta lomba pidato sendiri, kata Hj. Darmawati mengatakan bahwa, berasal dari perwakilan dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. Sedangkan untuk pelaksanaan lomba pidato di MAN 2 kota Makassar berlangsung cuman hari ini. “Dan Insya Allah besok akan dilakukan pengumuman pemenang,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.