Kadishub Lamteng Himbau para Pemudik, Jangan Naik Bus Tanpa Stiker, Karena Tak Layak Jalan

oleh -
Stiket
Pemasangan stiker

Lampung Tengah, Suaralidik.Com – Para pemudik diminta untuk berhati-hati dalam memilih angkutan mudik lebaran tahun ini. Pasalnya, sebanyak 30 bus dari 70 kendaraan angkutan umum tak layak beroperasi untuk melayani penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lampung Tengah Syukur Kresana mengimbau, para pemudik baiknya memperhatikan stiker layak jalan di kendaraannya, khususnya bus.

Kata dia, stiker tersebut terpampang di kaca depan bus. Jika tidak ada, ia meminta para calon penumpang bus untuk tidak menaikinya.

“Kalau tidak ada stikernya, penumpang jangan naik karena kendaraannya tidak memenuhi persyaratan dalam uji kelaiayakan,” tegas pria dari Polri yang berpangkat melati satu di pundaknya itu.

Syukur menjelaskan, pihaknya telah melakukan uji kelaikan terhadap 70 kendaraan umum yang digunakan untuk angkutan mudik Lebaran tahun ini. Dari jumlah itu, sebanyak 30 bus (kendaraan) tak layak beroperasi untuk melayani pemudik dalam mengangkut penumpang.

“Sejak Minggu lalu Rabu 22 Mei, kami sudah lakukan ramp chek kendaraan di beberapa titik lokasi di Lamteng, seperti Terminal Bandar Jaya dan dibeberapa pool yang ada di kabupaten kialta ini,” terangnya.

Kendaraan yang dinyatakan tidak laik, masyarakat diminta berhati-hati dalam menumpangi kendaraan.

“Kalau yang lulus uji, langsung dipasangi stiker. Nah, itu pertanda bahwa bus tersebut boleh beroperasi. Jadi harus jeli melihat ada stikernya enggk terpasang di mobil,” Pungkasnya. (***Edy doy)