Kadispora Makassar, Anak Muda Harus Memiliki Semangat Wirausaha

oleh

Lidik Makassar – Pemerintah kota makassar hari ini melaksanakan seminar kewirausahaaan pemuda lorong angkatan pertema di hotel Continent, Makassat. Senin, (13/03/ 2017)

Seminar wiarasaha ini yang selenggarakan kadispora kota makassar dengan tujuan mendorong semangat pemuda dalam berwirausaha.

Kadispora Kota Makassar Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan, jumlah penduduk Kota Makassar sampai saat ini tercatat sekitar 1,8 juta jiwa. Sebanyak 40 persen atau 720 ribu tergolong anak muda. Dengan usia 15 sampai 35 tahun. “Kami ingin 400 ribu anak muda Makassar punya semangat wirausaha,”
Tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah, Menjadi wirausaha dianggap penting karena ekonomi harus terus digerakkan. “Jumlah wirausaha di Indonesia baru sekitar 3 persen. Jauh dari Singapura yang sudah mencapai angka 7 persen,” Bahkan Indonesia kalah dari Malaysia dan Thailand yang jumlah wirausahanya sudah melebihi 4 persen dari jumlah penduduknya. “kata Hendra.

Saya PNS, tapi sebagai bentuk kecintaan kepada Kota Makassar, saya ajak anak muda Makassar menjadi wirausaha,” kata Hendra.
Hendra yakin anak muda adalah modal besar dalam membangun bangsa ini. Survei menunjukkan bahwa 55 persen anak muda Makassar berminat jadi pengusaha. “ucap Kadispora

Kami sebagai pemerintah berusaha mengarahkan minat dan potensi mereka,” katanya. Untuk mendorong tumbuhnya bibit pengusaha muda, tidak cukup hanya dilakukan oleh satu pihak. Semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus terlibat. “Dispora fokus menumbuhkan semangat. Kalau sudah berjalan dan butuh modal serta pendampingan, silahkan ke Dinas Koperasi atau Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” kata Hendra.

Bagi pemuda yang berminat, kata Hendra, bisa memanfaatkan program pemerintah kota seperti smart city, sombere city, dan makassar tidak rantasa.

Pengusaha tidak boleh hanya mencari keuntungan. Tapi harus juga punya jiwa sosial. Membantu orang yang ada di sekitar lingkungannya,” kata Hendra.

Hendra mengaku, Dispora telah melatih sedikitnya 250 anak muda cara berwirausaha. Dari alumni pelatihan ini, diharapkan bisa menjadi mentor bagi anak muda lainnya. “Sehingga terwujud 400 ribu wirausaha muda baru di Makassar,” katanya

Editor : Adhe