Kampanye K3 di Pangkep, Industri Global Union Gandeng Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia

oleh

Pangkep,suaralidik.com – Menyikapi banyaknya pekerja di pabrik dan pertambangan yang saat ini kurang mendapat perlakuan dalam hal keselamatan kerja pada perusahaan tambang, Konfederasi serikat pekerja  Indonesia (KSPI ) bekerja sama dengan Industri Global Union melaksanakan pelatihan dan Kampanye K3 untuk pekerja tambang di Aula Hotel Mattampa inn kecamatan di Bungoro Kabupaten Pangkep, Senin ( 27/11).

Kampanye K3
Pelatihan dan Kampanye K3 untuk pekerja tambang di Aula Hotel Mattampa inn kecamatan di Bungoro Kabupaten Pangkep, Senin ( 27/11).

Menurut ketua DPD KSPI Provinsi Sulawesi selatan  Muhidin Nasir saat membuka acara kegiatan, mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, kedepan kiranya perusahaan bisa bersinergi dengan pekerja dalam menjalankan program keselamatan dan kesehatan pekerja.

…Apa gunanya upah layak,  kalau keselamatan dan kesehatan bekerja tidak berjalan, kedepannya kami akan mendesak pihak perusahaan kembali melaksanakan program medical chek up (MCU) rutin kepada pekerja…” jelasnya

Hal senada di sampaikan, perwakilan dari Industri all,Indah Saptorini, bahwa kehadiran Industri All sebagai upaya mendorong dan kampanye K3 di tambang dan industri tersebar dengan baik.

“…jangan cuma satu isu serikat di kota-kota besar tapi semua daerah di mana ada pekerja pertambangan dan kedepannya di harapkan untuk pembentukan Komite Panita Pelaksana K3 di setiap perusahaan, karena hal ini jelas dalam UU K3 No 1 tahun 1970 yang mengatur tentang keselamatan kerja di mana Panitia pelaksana K3 disebutkan di dalamnya.” terang Indah.

Kegiatan pelatihan dan kampanye K3 pertambangan di ikuti sebanyak 45 peserta dari perwakilan serikat pekerja buruh beberapa perusaahaan di kabupaten Pangkep.( Syaiful/Wank