Kantor Camat Ujungbulu Gelar Sosialisasi Pertanggungjawaban Keuangan

oleh

suaralidik.com, Bulukumba–Salah satu pilar penting dalam upaya mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa adalah adanya kemampuan menghadirkan akuntabilitas terhadap pengelolaan keuangan pemerintahan. Sebagai tindak lanjut untuk mengimplementasikan akuntabilitas, Pemerintah Kecamatan Ujungbulu melakukan Sosialisasi Laporan Penyusunan Pertanggungjawaban Keuangan Tahun Anggaran (T.A) 2017 (12/12).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor camat Ujungbulu ini dihadiri para Pejabat Pengelola Teknis Kegiatan (PPTK). Selain itu, tampak pula para bendahara kantor Lurah Se-Kecematan Ujungbulu.

Camat Ujungbulu, Aprisal, di sela-sela acara menyampaikan jika kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh PPTK dan bendahara Kelurahan terkait Regulasi pelaporan pertanggungjawaban keuangan.

“Diharapkan kegiatan ini memberikan pemahaman dan persepsi yang sama terkait teknis dan mekanisme penyusunan laporan keuangan,” ujarnya.

Sebagaimana disampaikan A.Irma Darmayanti dari Dinas Pengelola Keuangan Daerah yang hadir sebagai narasumber pada kegiatan sosialisasi, ke depannya, untuk T.A 2018, pihak Dinas Pengelola Keuangan Daerah mencoba menerapkan sistem transaksi non tunai untuk beberapa kegiatan. Misalnya, untuk kegiatan honorarium, pelaksana kegiatan tersebut tidak lagi dibayarkan melalui transaksi tunai. Artinya, honorarium akan langsung ditransfer masuk kerekening masing-masing penerima. Selain itu, Ia juga menyampaikan beberapa teknis atau tata cara pengelolaan dan penatausahaan laporan keuangan.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan sebagaimana disampaikan Ridwan, narasumber dari Inspektorat Kabupaten Bulukumba, ialah mengenai ketertiban administrasi pertanggungjawaban pengelolaan keuangan. Di mana maksudnya adalah kesesuaian pertanggungjawaban tersebut dengan Standar Akuntansi Pemerintah.